Wordpress VS Blogspot, Mana yang Terbaik?

· 4 menit untuk membaca
Wordpress VS Blogspot, Mana yang Terbaik?

Dalam dunia blog, Woldpress dan Blogspot merupakan dua platform yang paling banyak digunakan. Keduanya juga memiliki fitur-fitur menarik yang cukup lengkap. Lalu, antara Woldpress VS Blogspot mana yang paling baik? Simak ulasan berikut ini.

Mengenal Wordpress dan Blogspot

Kedua platform blog site populer ini sering jadi perbandingan. Sebenarnya wordpress vs blogspot bagus mana? Kedua platform ini dikembangkan oleh pengembang yang berbeda. Masing-masing punya keunggulannya sendiri.

Wordpress dikembangkan oleh WordPress Foundation. Platform ini merupakan layanan self-hosted gratis. Wordpress juga merupakan proyek open-source dan punya banyak fitur serta pilihan yang canggih.

Blogspot dikembangkan oleh Google. Platform ini dikenal user-friendly dikalangan blogger yang memudahkan dalam membuat blog, bahkan dalam hitungan menit. Blogspot memberikan layanan gratis bagi penggunanya.

Wordpress VS Blogspot

Bagi blogger, memilih situs blog terbaik untuk mempublish karya adalah hal yang jadi pertimbangan penting. Wordpress VS Blogspot untuk pemula sering dijadikan pertimbangan saat hendak mulai membangun blog baru.

Untuk mengetahui mana yang terbaik dari Wordpress VS Blogspot, perlu diketahui apa keunggulan dan kekurangan masing-masing. Berikut ulasan tentang kelebihan dan kekurangan keduanya.

Kelebihan dan Kekurangan Wordpress

Ketika menggunakan wordpress, berikut adalah beberapa pertimbangan mengenai kelebihan dan kekurangan yang akan Anda dapatkan:

Kelebihan Wordpress

1. Gratis

Wordpress memberikan layanan gratis tanpa dipungut biaya sekalipun. Ini sangat menguntungkan bagi yang mau belajar menulis dengan membuat blog. Walau ada layanan-layanan tertentu yang membutuhkan upgrade dengan hosting berbayar.

2. Mudah Dioperasikan

Wordpress mudah digunakan dan bisa dioperasikan oleh siapa saja. Untuk bisa membuat website di Wordpress tidak perlu jago programing. Dan bisa melakukan kegiatan menulis lewat smartphone dengan cara mendownload aplikasinya di Playstore.

3. SEO Friendly

Ada banyak fitur yang disediakan di Wordpress dan ribuan plugin untuk mempermudah pengelolaan. Dalam keunggulan Wordpress VS Blogspot SEO, berbagai pilihan fitur dan plugin disediakan ini berguna bagi yang ingin menerapkan SEO dalam blog.

4. CMS yang Fleksibel

Content Management System yang tersedia cukup fleksibel dan cocok digunakan untuk mengembangkan bermacam jenis website untuk pribadi.

Kekurangan Wordpress

1. Faktor Keamanan

Dengan pengguna yang cukup besar dari seluruh dunia, membuat Wordpress rawan dari sasaran hackers. Untuk itu perlu antisipasi dengan pengamanan ekstra.

2. Masalah Speed

Wordpress memiliki masalah dengan kecepatan yang tidak stabil. Penggunaan tampilan user interface yang terlalu sering mengakibatkan pemasangan plug-in yang dapat mempengaruhi kecepatan website. Tentunya ketidakstabilan ini akan mempengaruhi performa website.

3. Plugin Bermasalah

Pembaharuan plugin sering mengalami masalah. Update pada plugin sering kali membuat fitur lain mengalami masalah. Masalah ini seringkali membuat fitur yang disematkan pada website kehilangan fungsi.

4. Tema Monoton

Teman yang disediakan di Wordpress memiliki warna senada yang membuat tampilan website jadi terkesan monoton.

Baca Juga:

  1. Tips Memilih Theme Wordpress dan Pilihan yang Cocok
  2. Riset Keyword Sangat Penting, Ini yang Harus Dilakukan

Kelebihan dan Kekurangan Blogspot

Jika Anda tertarik menggunakan blogspot, maka berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan:

Kelebihan Blogspot

1. Bagian dari Google

Blogspot merupakan bagian dari search engine terbesar Google, sehingga dapat terhubung dengan mudah dengan layanan Google lainnya. Salah satu layanan Google yang bisa digunakan di Blogspot adalah Google adsense.

2. Gratis

Wordpress VS Blogspot di sini keunggulan yang dimiliki adalah sepenuhnya gratis. Keseluruhan fitur yang tersedia cara membuat blogspot gratis tanpa membutuhkan biaya.

3. User Friendly

Dengan kemudahan penggunaan platform ini jadi alternatif pilihan Wordpress VS Blogspot untuk pemula.Bagi blogger yang mau belajar menulis, Blogspot bisa jadi pilihan untuk mempublish karya sebagai latihan menulis.

4. Template Bervariasi

Banyak template yang disediakan untuk desain tampilan web secara gratis. Bagi yang menguasai pemrograman bisa melakukan modifikasi pada tampilan website ini. Jika tidak puas dengan tampilan template gratis tersedia juga template premium yang berbayar.

Kekurangan Blogspot

1. Tampilan Kurang Menarik

Bagi yang menyukai design berwarna, tampil Blogspot akan terlihat terlalu sederhana. Memang tersedia template bawaan yang bervariasi, tetapi layoutnya kurang menarik.

2. Statistik Kurang Lengkap

Statistik pengunjung bawaan yang disediakan kurang lengkap. Sehingga bagi pemula akan sedikit kesulitan melihat statistik pengunjung.

3. Terikat dengan Aturan Google

Menggunakan layanan Blogspot harus mengikuti aturan yang diterapkan oleh Google. Website atau blog yang melanggar akan dihapus oleh pihak Google.

Perbedaan Wordpress VS Blogspot

Di antara wordpress dan blogspot, terdapat beberapa perbedaan utama dari berbagai sisi yaitu sebagai berikut:

Fleksibilitas

Tingkat fleksibilitas memegang peran penting dalam membangun kreatifitas sebagai blogger. Dalam hal site blog, kemudahan untuk kustomisasi akan jadi fitur yang sangat membantu dalam pengelolaan dan kontrol website. Di sinilah perbedaan wordpress vs blogspot com.

WordPress yang merupakan open software memberikan keleluasaan untuk membuat link di manapun. Begitu juga untuk penambahan fitur tidak akan jadi masalah. Wordpress menyediakan plugin dan aplikasi pihak ketiga untuk memfasilitasi ini.

Berbeda dengan Blogspot, yang memberikan batasan dalam hal fleksibilitas. Blogspot memberikan fasilitas fitur seperti subscriptions links, form kontak, advertising dan fungsi gadget lain, tetapi dengan kapasitas yang terbatas.

Performa

Performa website juga memiliki peran penting urusan blog. Loading yang lama membuat akan mempengaruhi statistik kunjungan pada website. Baik Wordpress ataupun Blogspot memiliki performa yang berbeda.

Performa blog Wordpress adalah  self-hosted dimana terkadang masih terkendala masalah dari hosting yang digunakan. Secara performa sebenarnya memang bagus, tetapi juga tergantung dari penyedia host yang digunakan untuk membuat blog.

Untuk Blogspot yang mendapat dukungan Google, performa tidak jadi masalah. Selain juga desainnya yang simple membuat loading lebih ringan tanpa beban fitur-fitur yang memberatkan.

Mengoptimalkan SEO

Banyak tujuan yang bisa dipilih saat seseorang membangun blog. Apapun kepentinganya, trafik pengunjug sangat penting dalam menentukan kesuksesan sebuah blog. Dalam hal ini sudah sepatutnya jika seorang blogger akan mencari site yang SEO friendly.

Untuk urusan SEO, Wordpress menawarkan berbagai fitur dari pihak ketiga dalam bentuk plugin. Banyak fitur untuk mengoptimalkan SEO yang dapat dipilih dari plugin di Wordpress.

Blogspot mendapatkan dukungan dari Google untuk meningkatkan layanan SEO friendly. Di sini tinggal bagaimana blogger merancang konten yang dapat meningkatkan pengunjung ke blog.  Jika memungkinkan bisa ditambahkan blogspot atau wordpress untuk adsense.

Pilihan Desain

Desain dan tema dalam blog juga memiliki peranan penting dalam membuahkan kesuksesan. Selain konten, tampilan yang menarik juga jadi faktor pendukung agar website jadi favorit pengunjung.

Dalam hal ini, Wordpress menyediakan berbagai tema dan desain gratis yang cukup banyak. Meski untuk mendapatkan desian terbaik harus mengupgrade keanggotaan premium berbayar.

Blogspot memiliki kelemahan dibagian ini. Desain yang disediakan monoton yang membuat blogger terbatas dalam membuahkan kreasi yang lebih kreatif. Bagi yang pandai program, ada solusi yang diberikan dengan mengganti desain dengan menambahkan program.

Penutup

Menyimak ulasan WordPress VS Blogspot dapat diketahui perbedaan dari kedua platform website blog ini. Keunggulan dan kekurangan masing-masing dapat jadi pertimbangan bagi yang hendak membuat blog.  Setidaknya, layanan gratis di kedua platform ini bisa modal awal untuk berkarya.

Related Articles

Cara Menghubungkan Domain Dengan CloudFlare
· 3 menit untuk membaca
Pilihan Template Blogspot Gratis Agar Lebih Profesional
· 5 menit untuk membaca
Langkah Membuat Website dengan Wordpress untuk Pemula
· 5 menit untuk membaca
Tips Memilih Theme Wordpress dan Pilihan yang Cocok
· 4 menit untuk membaca