SEO

Mengenal SEO On Page dan Manfaatnya untuk Website Bisnis

· 4 menit untuk membaca
Mengenal SEO On Page dan Manfaatnya untuk Website Bisnis

SEO on page (optimalisasi halaman) bagi para master SEO tentunya bukan hal baru. Namun bagaimana dengan kamu yang masih belajar membangun website pribadi maupun bisnis? Mungkin kamu sudah familiar dengan istilah tersebut.

Akan tetapi belum terlalu paham apa pengertiannya dan bagaimana cara mengoptimalkannya. Pada dasarnya membangun sebuah website sampai mendapatkan traffic tinggi secara organik tidak lah instan.

Kamu perlu belajar SEO on page sehingga situs yang telah dibangun bisa menempati halaman pencarian terdepan. Dengan begitu pengguna akan menemukan konten yang telah dibuat dan melakukan klik.

Ketika pengguna melakukan klik itulah saat di mana kamu mendapatkan pengunjung. Lantas, bagaimana cara mendapatkan pengunjung sebanyak mungkin dengan optimalisasi halaman? Kali ini kami akan memberikan tips dan tutorialnya.

Mengenal Pengertian SEO On Page

Secara umum, “SEO” alias Search Engine Optimazation adalah teknik optimalisasi mesin pencari. Yaitu serangkaian proses yang dilakukan agar website memperoleh peringkat teratas dan visibilitas tinggi. Sedangkan “On Page” secara harfiah berarti halaman.

Dengan demikian, SEO on page dapat diartikan sebagai serangkaian proses yang dilakukan untuk meningkatkan visibilitas dan mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari dengan cara mengoptimalisasi halaman web.

Selama ini kata kunci atau keyword selalu digadang-gadang menjadi kunci utama suksesnya penerapan on site SEO atau optimalisasi halaman. Hal tersebut tidak salah, akan tetapi keyword bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan website kamu.

Pada dasarnya optimalisasi halaman dilakukan dengan berfokus pada konten atau artikel yang akan kamu terbitkan. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan selain kata kunci antara lain tag, kode, HTML, dan sebagainya.

Penerapan SEO on page bertujuan agar Google maupun mesin pencari lainnya dapat memahami konten kamu secara konteks. Di samping itu, ini juga memudahkan search engine memahami relevansi konten web dengan kata kunci yang dicari pengguna.

Meski demikian, kualitas konten tetap harus menjadi prioritas. Pastikan membuat artikel bermanfaat dan relevan dengan kebutuhan pengguna. Dengan demikian, tingkat kepercayaan pengguna terhadap website kamu tetap terjaga dan terus meningkat.

Manfaat dari SEO On Page untuk Website Bisnis

Melakukan optimalisasi halaman atau on site SEO adalah langkah penting untuk menyempurnakan situs kamu. Selain meningkatkan traffic organik, ada beberapa manfaat SEO on page yang bisa diperoleh apabila menerapkan optimalisasi ini untuk web bisnis.

1. Mendatangkan Potential Leads

Salah satu dampak positif dari penerapan SEO on page yaitu meningkatkan traffic atau visitor ke web bisnis kamu. Dalam hal bisnis, semakin banyak trafik yang diperoleh maka semakin tinggi juga mendapatkan leads berkualitas.

Leads berarti orang-orang yang tertarik dengan produk maupun jasa kamu. Semakin banyak jumlah traffic, secara otomatis semakin tinggi juga potensi mendapatkan leads yang prospektif.

2. Meningkatkan Posisi Bisnis di Antara Kompetitor

Memiliki kompetitor pada bisnis serupa adalah hal biasa. Namun ini tidak akan menjadi masalah berarti apabila menerapkan teknik SEO on page secara tepat. Bila perlu, lakukan observasi tentang bagaimana perusahaan besar menerapkan strategi mereka.

Kamu dapat memodifikasi dan mengembangkan agar lebih baik sebelum menerapkannya pada web bisnis sendiri. Cara ini bisa membuat popularitas usaha melejit di mata pengguna. Lantas, bagaimana langkah tepatnya?

Buatlah konten menarik dan bermanfaat secara konsisten dengan pemilihan keyword yang relevan sesuai perilaku pengguna. Pahami juga apa saja SEO on page checklist yang berperan penting dalam mendongkrak peringkat website di search engine.

3. Strategi Marketing 24/7

Salah satu manfaat paling utama dari penerapan optimalisasi halaman yaitu dapat menjalankan strategi marketing 24/7. Pemilihan kata kunci berdasarkan riset terukur memungkinkan web bisnis memperoleh peringkat terbaik.

Dengan didukung konten berkualitas dan memiliki value di mata pengguna, ini juga akan meningkatkan reliability web kamu. Sebagai dampak lanjutannya adalah peningkatan brand awareness yang tentunya berpengaruh positif terhadap bisnis secara keseluruhan.

Bayangkan, dengan praktik SEO on page yang strategis, halaman bisnis kamu akan setia “nangkring” di hasil pencarian Google maupun search engine lainnya. Dengan kata lain, search engine membantu menjalankan strategi marketing dalam 24/7.

4. Mendongkrak Penjualan

Pada akhirnya tujuan dari kegiatan pemasaran digital melalui platform website adalah menghasilkan penjualan sebanyak-banyaknya. Inilah salah satu manfaat menerapkan teknik optimalisasi halaman.

Mayoritas potential customer atau leads prospektif akan mencari produk maupun layanan yang mereka inginkan melalui Google. Sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk terkait.

Jika situs kamu berada di hasil pencarian teratas, potensi konversi traffic menjadi buyer juga semakin besar. Apabila ini terjadi secara konsisten, tidak perlu menunggu waktu lama untuk membuat hasil penjualan terus melonjak.

Langkah-Langkah Optimasi SEO On Page

Setelah mengetahui apa saja manfaatnya untuk bisnis, tidak perlu menunda lagi untuk segera mempraktikkan teknik on site SEO. Tenang saja, praktiknya cukup mudah, kok. Berikut kami bagikan langkah-langkahnya.

Baca Juga: Riset Keyword Sangat Penting, Ini yang Harus Dilakukan

1. Membuat Konten Berkualitas

Syarat utama dalam praktik optimalisasi halaman adalah membuat konten berkualitas. Untuk memudahkan kamu dalam membuat konten, ada baiknya menerapkan kerangka kerja berprinsip EAT (Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness).

Ketiga hal tersebut menjadi kerangka kerja yang digunakan Google untuk menilai seberapa baik kualitas konten web. Apakah konten tersebut memberikan informasi bermanfaat sesuai user intent? Apakah ditulis oleh penulis berkompeten?

Apakah tulisan tersebut orisinil, duplikat, atau dibuat dengan tool auto generate? Google selalu mengutamakan website dengan konten-konten orisinil dan berkualitas.

2. Perhatikan Penempatan Kata Kunci

Kata kunci masih menjadi “bintang” pada contoh SEO on page yang baik. Meski demikian, penempatan keyword secara berlebihan justru tidak efektif mendongkrak peringkat web karena berpotensi mengurangi aspek user experience.

Keyword bisa ditempatkan pada judul, heading dan sub heading, hingga URL. Tambahkan juga internal link, meta description, meta tag, hingga alt tag pada gambar. Optimalkan fungsi keywords dengan penempatan yang tepat.

3. Pilih Template yang SEO Friendly

Memilih template sebaiknya tidak sekadar mengutamakan selera. Akan tetapi perhatikan juga apakah template tersebut SEO friendly. Ada beberapa kriteria yang menandakan suatu template bisa dikatakan SEO friendly.

Misalnya responsif terhadap perangkat apa saja, memiliki load speed yang tinggi, cocok untuk berbagai browser, serta terintegrasi dengan sosial media. Jika ingin mendapatkan performa website maksimal, tidak ada salahnya membeli template premium.

Baca Juga:

  1. Tips Memilih Theme Wordpress dan Pilihan yang Cocok
  2. Pilihan Template Blogspot Gratis Agar Lebih Profesional

Dengan semua penjelasan yang telah kami jabarkan melalui ulasan di atas, kamu mengerti pentingnya menerapkan teknik optimalisasi ini. Dengan SEO on page, kamu bisa memaksimalkan performa website bisnis.