Riset Keyword Sangat Penting, Ini yang Harus Dilakukan

· 4 menit untuk membaca
Riset Keyword Sangat Penting, Ini yang Harus Dilakukan

Riset keyword menjadi aktivitas wajib yang harus dilakukan oleh seorang penulis artikel sebelum membuat sebuah konten. Hal ini sebagai salah satu upaya agar naskahnya bisa menjadi ranking 1 .

Dengan begini, kemungkinan untuk mendapatkan jumlah pengunjung sangat besar. Bagi para pengusaha, menduduki peringkat pertama adalah sebuah kewajiban. Karena, peluang konsumen membeli produk yang ditawarkan cukup tinggi.

Hanya saja, dalam melakukan riset kata kunci ini tidak boleh sembarangan. ada beberapa langkah yang harus dipahami terlebih dulu seperti, memperhatikan niche atau tema website yang sedang kamu tulis.

Misalnya, menulis mengenai kuliner. Maka, cara riset keyword paling mudah adalah mengetahui perbendaharaan kata yang berhubungan dengan kuliner. Seperti, makan, minum, hidangan, enak, lezat, restoran. dan masih banyak lagi.

Sebelum menentukan menjadi kata kunci, cobalah pikirkan dalam setiap artikel kata yang paling sering digunakan apa. Contohnya, makanan khas atau kuliner daerah dan lain sebagainya, selanjutnya tambahkan dua kata lagi.

Jadi, total yang disarankan adalah 4 kata, mengapa demikian? Coba bayangkan, kalau setiap orang semakin sering menggunakan istilah diatas. Maka, persaingan menjadi nomor satu akan semakin sulit bukan?

Oleh karena itu, harus ada dua kata tambahan menghindari persaingan ketat. Dengan begini, kemungkinan keyword kamu dilihat sangat tinggi. Untuk langkah berikutnya, coba simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Mengenal SEO On Page dan Manfaatnya untuk Website Bisnis

Riset Keyword dengan Melihat Tingkat Kesulitannya

Langkah selanjutnya yang bisa digunakan adalah melihat tingkat kesulitannya. Harus diakui semakin sulit maka kemungkinan terbaca sangat kecil. Oleh karena itu, bila kesulitan dalam menentukan lihat sinonimnya dulu.

Contohnya, jalan-jalan bisa memakai travelling, liburan, tamasya dan lain sebagainya. Hanya saja, saat menentukan usahakan familiar di kalangan pembaca. Walaupun sebenarnya mempunyai makna dan arti yang sama.

Tetapi, google sedikit kesulitan dalam menerjemahkan, selain itu perhatikan rangkaian katanya. Bila menggunakan 4 kata, harus relevan dan satu sama lain enak dibaca. misalnya seperti ini, “liburan ke Bali Utara,”

Struktur tersebut tidak begitu rumit, tetapi masih bisa dirangkai dengan kata lainnya. Lebih 4 kata inilah cara riset keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah sehingga, kemungkinan nomor satu besar.

Seperti contoh di atas, kata liburan terkadang jarang sekali digunakan, mereka lebih suka menggunakan istilah, “travelling.” Jadi, sebagai penulis Kamu harus bisa jeli dalam membaca situasi dan kondisi.

Riset Keyword dengan Melihat Kompetitor

Walau terkesan kurang profesional dan plagiat, tetapi melihat kompetitor menjadi salah satu langkah terbaik untuk mendapatkan persaingan. Jadi, tidak ada salahnya untuk membaca dan melakukan analisa sendiri.

Setidaknya, cari 3 kompetitor terkuat kemudian identifikasi sendiri. Buat artikel dan tunggu bagaimana persaingan tersebut bisa dimulai. Kesempatannya sama besar, tetapi apakah website kamu sudah mempunyai nama?

Biasanya, dengan persaingan sama kuat itu. brand yang sudah terkenal lebih dulu biasanya akan mendapatkan kepercayaan. Jika, kompetitor sudah kelas kakap, maka kamu harus ingat, mereka dengan channel pasti memang.

Riset Keyword dengan Menggunakan Tools

Langkah berikutnya adalah menggunakan tools atau alat. Saat ini, sudah banyak para penulis menggunakannya. Harus diakui, lebih akurat, karena mempunyai skor dan kemungkinan keterbacaannya, bahkan untuk menggunakannya mudah.

Beberapa sudah tersedia versi berbayar hanya saja, digunakan untuk versi gratis juga bisa. Walau ada fasilitas yang harus ditutup, berikut rekomendasinya dijamin mudah, cepat, dan tepat sasaran.

1. Tools Riset Keyword Melalui Ubersuggest

Tools Riset Keyword Melalui Ubersuggest

Riset keyword gratis pertama menggunakan platform bernama Ubersuggest. Untuk menggunakannya mudah saja, ketik kata yang diinginkan lalu, tetapkan wilayah serta targetnya seperti apa, agar hasilnya juga spesifik.

Setelah ditulis, maka alat tersebut akan memberikan informasi secara jelas dan gamblang. Mengenai kata kunci yang sudah dituliskan. Bahkan, ada juga nilai kompetisinya berapa. Semakin besar artinya sulit.

Jadi, kemungkinan orang menemukan artikel itu sangat tipis. Walau semua hal bisa terjadi tergantung keyakinan kamu. Hanya saja, mereka memberikan kemudahan lanjutan di mana ada saran. mungkin cocok dan bisa menggunakannya.

Menariknya dari platform ini adalah saran yang diberikan tidak tanggung-tanggung, hampir 900 an. Sungguh, sesuatu yang menggembirakan, beberapa pro juga memanfaatkannya, tidak heran bila hasilnya selalu maksimal.

2. Tools Riset Keyword Melalui KWFinder

Riset keyword

Harus diakui cara riset keyword blog menggunakan KWFinder memang menyenangkan di mana, informasi yang diberikan cukup jelas termasuk tingkat kesulitan, hingga volume pencarian., hampir semua menu tersedia dengan mudah.

Sayangnya, berbeda dengan ubersuggest, di mana sebagian menggunakan fasilitas berbayar. Jadi, ada akses yang harus dikorbankan, menariknya pengunjung bisa melakukan apa saja yang diinginkan KWFinder menyediakan setidaknya 5 kali.

Bila 1200 kali pencarian masih kurang juga, bisa meningkatkannya menjadi khusus. Semua itu bisa disesuaikan kebutuhan, dari segi ketepatan dalam melakukan prediksi cukup baik, harganya sendiri tergolong terjangkau.

3. Riset Keyword Menggunakan Tools SEMrush

Riset keyword

Berikutnya, bisa menggunakan Tools SEMrush, sebelum menggunakannya, pengunjung wajib mendaftarkan diri dulu. Setidaknya, versi gratis tersebut bisa melakukan kurang lebih 10 kali pencarian, bahkan hasilnya cukup terperinci.

Di mana, kamu akan mendapatkan jumlah dan situs mana saja yang menggunakannya, cukup menarik bukan? Cara riset keyword artikel dalam versi gratis ini memang sangat terbatas, ada beberapa fasilitas dihilangkan.

Hanya saja, kemudahan yang diberikan membuatnya dapat dijadikan pilihan terbaik. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau, pembayarannya bisa melakukan transfer bank, yang sudah disediakan, mudah sekali bukan?

Riset keyword

Tools berikutnya datang dari Google itu sendiri, di mana mereka memberikan dua kemudahan sekaligus. Pertama, bisa memanfaatkan related search, biasanya ditemukan di paling bawah saat mencari sesuatu.

Coba sajak ketikkan satu kata, biasanya akan muncul beberapa saran terbaik. Kamu bisa menggunakannya, tetapi perhatikan juga tingkat kompetisinya. Usahakan mempunyai angka kecil agar tingkat keterbacaannya bisa tinggi.

Selain related search, mereka juga menyediakan trend. Layanan tools ini sendiri tidak akan dipungut biaya sama sekali. Menariknya, pengguna bisa mengatur kegunaannya, suntuk wilayah mana serta targetnya siapa.

Untuk mengetahui performa dari keyword itu sendiri, mereka akan memberikan grafik, di mana rentang waktu yang diberikan antara 1 jam sampai 5 tahun lalu. Dengan begini, kemungkinan terbaca bisa mencapai 80%.

Bahkan, mereka juga memberikan berbagai informasi mengenai tingkat populernya sampai saran berupa long tail. Semua info terjadi secara real time, bila ada pergerakan dan perubahan pasti akan terlihat.

Persaingan di Google rank memang cukup sulit hanya saja, bukan tidak mungkin mendapatkan hasil buruk. Oleh karena itu, sebelum menulis jangan lupa untuk melakukan riset Keyword terlebih dulu.