Plugin Wordpress Terbaik yang Meningkatkan Performa Website

· 4 menit untuk membaca
Plugin Wordpress Terbaik yang Meningkatkan Performa Website

Jika kamu ingin memiliki website dengan performa memuaskan, memasang plugin Wordpress adalah salah satu cara terbaiknya. Ada beragam teknik dan strategi dalam membangun sebuah website atau blog.

Selain menyajikan konten berkualitas, kamu juga harus menyediakan tampilan nyaman dan berkualitas melalui pemilihan theme secara tepat. Ini bertujuan agar pengunjung merasa nyaman saat berselancar di halaman kamu.

Tidak kalah penting juga yaitu menyediakan fitur-fitur yang dapat digunakan untuk memodifikasi suatu platform atau program. Tujuannya agar platform tersebut memiliki kinerja lebih baik.

Jawaban dari kebutuhan penambahan fitur tersebut tidak lain adalah plugin. Kali ini kami akan menjelaskan pengertian plugin untuk website Wordpress. Ada juga rekomendasi plugin yang dapat menunjang performa website.

Mengenal Lebih Jauh Plugin Wordpress

Mengenal apa itu plugin wordpress, mulai dari plugin yaitu tool atau kode software yang berfungsi untuk menambahkan fitur tertentu ke dalam sebuah aplikasi atau program tersebut. Kode software ini tersedia pada beberapa program.

Antara lain Wordpress, Google Chrome, Mozilla, dan Opera Browser. Wordpress sebagai salah satu CMS paling populer juga menyediakan plugin dengan jumlah lebih dari 54.000 plugins dan tidak menutup kemungkinan terus bertambah.

Mungkin kamu familiar dengan add-on atau extension. Pada dasarnya plugin memiliki fungsi yang sama dengan add-on dan extension. Wordpress menyediakan ribuan kode software tersebut baik secara gratis maupun berbayar.

Baca juga:

  1. Wordpress VS Blogspot, Mana yang Terbaik?
  2. Langkah Membuat Website dengan Wordpress untuk Pemula
  3. Tips Memilih Theme Wordpress dan Pilihan yang Cocok

Mengapa Harus Memasang Plugin Wordpress?

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa harus memasang berbagai ekstensi saat membangun dan mengembangkan website. Agar tidak bingung, pelajari beberapa fungsi plugins berikut ini.

1. Menambahkan Fitur pada Website

Dengan menginstall plugin Wordpress, kamu dapat menambahkan fitur dengan mengubah atau memodifikasi kode secara cepat. Pemilihan plugins yang tepat dapat memaksimalkan kinerja situs.

Dalam waktu singkat kamu bisa mengubah tampilan website menjadi toko online, portofolio profesional, majalah online, profil perusahaan, blog pribadi, dan sebagainya. Jadi, sesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing.

2. Meningkatkan User Experience (UX)

Fungsi plugin pada Wordpress lainnya yaitu juga mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna selama mengakses situs kamu. Mengubah program dengan kode software tertentu dapat memaksimalkan fungsionalitasnya. Ini membuat pengguna memiliki pengalaman lebih baik.

3. Instalasi Mudah

Selain meningkatkan user experience serta fungsionalitasnya, menginstall plugins juga memudahkan pekerjaan kamu. Tidak perlu khawatir jika tidak memiliki skill coding. Hanya dengan menginstall, kode software tersedia dan langsung bisa berfungsi.

Pilihan Plugin Wordpress yang Wajib untuk di install

Setiap kode software atau ekstensi memiliki kegunaan berbeda-beda. Jadi, kamu harus tahu plugin mana yang diperlukan dan dapat mengoptimalkan fungsi website. Berikut plugin wordpress yang wajib di install kamu.

1. Plugin Wordpress untuk Optimasi SEO

Memasang ekstensi SEO sangat penting dalam website building. Plugins ini bisa mempercepat konten web kamu terindeks di search engine dan juga mendapatkan peringkat teratas pada halaman pencarian.

Terdapat dua ekstensi Wordpress yang terpopuler untuk kebutuhan optimasi SEO. Antara lain SEO by Yoast dan All in One SEO. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

a. SEO by Yoast

Ini merupakan salah satu plugin Wordpress terbaik yang kamu perlukan dalam membangun website, baik itu untuk kebutuhan bisnis, portofolio, blog, dan lainnya. Para blogger di dunia menyarankan agar pengguna Wordpress menggunakan SEO by Yoast.

SEO by Yoast dapat digunakan secara gratis maupun berbayar jika ingin performa lebih ciamik. SEO by Yoast membawa sejumlah fitur menarik dan menguntungkan untuk mendukung optimasi SEO. Beberapa fiturnya antara lain.

  • Page analysis
  • XML sitemaps
  • Meta and link elements
  • Breadcrumbs
  • RSS optimization
  • Multisite compatible, serta beberapa fitur lainnya.

b. All in One SEO

Rekomendasi plugin Wordpress lainnya untuk mendukung optimasi search engine yaitu All in One SEO. All in One SEO mudah digunakan karena pengaturannya lebih sederhana dibanding SEO by Yoast.

All in One SEO juga dapat digunakan secara gratis maupun berbayar. Versi gratis sudah cukup untuk membantu meningkatkan SEO website kamu. Beberapa fitur yang dibawa All in One SEO antara lain:

  • Google analytic support
  • XML sitemaps
  • Advanced canonical URL
  • Generates meta tags automatically
  • SEO on custom post type, dan fitur menarik lainnya

2. Plugin Wordpress iTheme Security

Memasang sistem keamanan ekstra adalah hal wajib yang harus kamu lakukan untuk menjaga data-data di dalam website. Salah satu langkah tepatnya yaitu menginstall plugins yang fungsinya untuk keamanan.

iTheme Security adalah kode software gratis yang disediakan oleh Wordpress untuk memberikan fitur keamanan tambahan. Beberapa fungsi iTheme Security antara lain:

  • Melakukan scanning untuk mengetahui adanya kerentanan, kemudian melaporkan dan memperbaikinya dalam waktu sekejap
  • Meningkatkan keamanan server
  • Mengantisipasi serangan brute force
  • Mendeteksi serta memblokir serangan ke database maupun sistem file
  • Memaksa SSL untuk halaman admin
  • Dan masih banyak lagi.

3. Plugin Wordpress untuk Kecepatan Website

Kecepatan website termasuk salah satu faktor yang menentukan peringkat situs kamu di search engine. Kami memiliki dua rekomendasi plugins yang bisa kamu gunakan agar situs kamu tidak lemot saat diakses pengguna.

a. W3 Total Cache

W3 Total Cache adalah plugin Wordpress yang harus kamu install karena dapat meningkatkan loading website secara gratis. Ini berkat sistem cache yang sangat baik. Beberapa fitur pada W3 Total Cache yaitu:

  • Kompatibel dengan beragam server seperti shared hosting, VPS, maupun dedicated
  • Mobile support
  • Pengelolaan CDN transparan dengan Media Library
  • Caching feed
  • Caching objek database
  • Dan lain sebagainya

b. WP Super Cache

WP Super Cache juga merupakan salah satu plugin Wordpress gratis terbaik karena dapat meningkatkan kecepatan situs. Penggunaan WP Super Cache cukup sederhana dan bisa dipakai secara gratis. Beberapa fitur WP Super Cache diantaranya:

  • Konfigurasi sederhana
  • Cache page, post, CSS, and Javascript
  • Minification of inline CSS
  • Minification of inline Javascript
  • dan fitur lainnya

4. Plugin Wordpress Aksimet

Aksimet merupakan kode software untuk mencegah spam di kolom komentar. Terkadang kolom komentar suatu situs dipenuhi oleh komentar yang tidak relevan alias spamming baik itu berasal dari bot maupun manusia.

Aksimet bekerja dengan cara memfilter dan menghalau komentar yang tidak relevan dengan konten website kamu. Dengan memasang Aksimet, kamu tidak perlu menghapus komentar spam secara manual.

Keberadaan ekstensi di Wordpress memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam mengelola situs. Pastikan memilih plugin Wordpress sesuai kebutuhan agar performa situs lebih optimal.

Related Articles

Cara Menghubungkan Domain Dengan CloudFlare
· 3 menit untuk membaca
Pilihan Template Blogspot Gratis Agar Lebih Profesional
· 5 menit untuk membaca
Langkah Membuat Website dengan Wordpress untuk Pemula
· 5 menit untuk membaca
Tips Memilih Theme Wordpress dan Pilihan yang Cocok
· 4 menit untuk membaca
Wordpress VS Blogspot, Mana yang Terbaik?
· 4 menit untuk membaca