Ini 6 Perusahaan Terkenal yang Menggunakan Python

· 3 menit untuk membaca
Ini 6 Perusahaan Terkenal yang Menggunakan Python

Kita mengenal Python sebagai bahasa pemrograman yang interpretative dan multifunction. Bahasa yang muncul pada tahun 1990-an ini didesain oleh Guido van Rossum, seorang programmer asal Belanda. Tak sedikit perusahaan terkenal menggunakan Python.

Cukup dengan memakai kode yang sederhana, bahasa ini sangat mudah diimplementasikan dan dipakai oleh banyak perusahaan besar. Karena mudah dipelajari, Python sangat cocok bagi para amateur yang ingin belajar tentang bahasa pemrograman. Tidak hanya untuk pemula, Python juga sangat populer di kalangan professional hingga perusahaan ternama.

6 Perusahaan yang Menggunakan Python

Dalam artikel ini, akan dibahas 6 perusahaan yang menggunakan Python. Mari simak penjelasan berikut ini!

1. Google

Di zaman modern seperti sekarang, siapa yang tidak kenal dengan Google alias Mbah Gugel? Hampir semua orang yang memiliki gadget pernah menggunakan Google. Pasalnya, banyak manfaat yang didapat dari mesin pencari ini. Mulai dari mencari informasi hingga hiburan, semua bisa ditemukan di Google.

Python merupakan bagian tak terpisahkan dari perusahaan yang didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page ini. Bagaikan soulmate, Python berperan penting dalam mengembangkan berbagai produk software yang diluncurkan Google. Sebut saja Youtube, Google API, Google App Engine, Google Data, dan sebagainya. Hingga kini, Python menjadi bahasa pemrograman resmi yang dipakai di Google.

Baca juga: 5 Aplikasi Gratis Pengganti Microsoft Office

2. Facebook

8 Perusahaan Yang Pernah Menawar Ingin Membeli Facebook

Perusahaan yang menggunakan Python yang kedua ialah Facebook. Hampir semua pengguna ponsel di seluruh negara di dunia sudah sangat mengenal Facebook. Perusahaan ini mampu memikat penggunanya berkat Python. Banyaknya layanan dan tools Facebook menjadikan Python berperan sangat penting untuk perusahaan ini.

Dengan Python, Facebook dapat dipermudah dalam mengurus manajemen infrastruktur, imaging hardware, hingga otomasi operasional. Para programmer di Facebook tidak perlu repot-repot membuat atau memecahkan ribuan kode karena penggunaan library pada Python sangat mudah dan sederhana.

3. Youtube

Inilah 5 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube, Lengkap dan Ampuh!

YouTube merupakan perusahaan yang menggunakan Python dan telah memakainya sejak awal pendirian perusahaan. Pasalnya, sebagian besar video yang ditonton oleh orang di berbagai negara di bumi ini berasal dari YouTube. Ternyata, YouTube bisa menjadi platform terbaik dalam menonton dan berbagi video berkat adanya Python.

4. Dropbox

Dropbox Merilis Kode Sumber Alogritma Lepton - Bitnesia.com

Perusahaan yang menggunakan Python selanjutnya adalah Dropbox. Perusahaan ini sangat serius dan kompeten dalam memanfaatkan bahasa pemrograman ini. Terbukti dari rilisnya Application Programming Interface (API) dalam bentuk Bahasa Python yang memudahkan para pemula untuk memahami bahasa pemrograman pada Dropbox.

Yang lebih mengejutkan lagi, Guido van Rossum selaku pencipta Python menerima tawaran Dropbox untuk bergabung dengan perusahaan mereka. Hal tersebut membuat Guido rela meninggalkan perusahaan Google dan bekerjasama dengan Dropbox sebagai salah seorang insinyur (engineer), bukan sebagai pimpinan.

Baca juga: 6 Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik

5. Spotify

Parcast , Perusahaan Podcast Ketiga yang Dibeli Spotify - kumparan.com


Spotify juga merupakan salah satu perusahaan terkenal menggunakan Python yang paling terkenal. Karena harus mengurus kode dan data yang jumlahnya sangat banyak, perusahaan ini tentu membutuhkan Python sebagai penolong. Hal demikian dikarenakan perusahaan ini melayani jutaan penggunanya dengan fitur rekomendasi dan saran musik. Tak heran jika Spotify kini menjadi salah satu perusahaan streaming musik yang memiliki begitu banyak penggemar terutama para pecinta musik.

6. Instagram

Instagram merupakan media sosial yang mempermudah penggunanya dalam mengunggah foto atau video menjadi lebih menarik dengan banyak macam filter. Konsep yang dipakai perusahaan ini berasal dari peran bahasa pemrograman yang tidak lain dan tidak bukan yaitu Python.

Back-end yang digunakan oleh Instagram ialah framework Django. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan framework ini mampu mereduksi berbagai ukuran dalam suatu komponen yang dapat digunakan bersamaan tanpa modifikasi dalam satu website. Istilah tersebut biasa kinal kenal dengan sebutan modular.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai 6 perusahaan terkenal menggunakan Python sebagai pembangun dan pengembang layanannya. Selain 6 perusahaan yang telah disebutkan, tentunya masih banyak perusahaan besar yang memakai bahasa pemrograman Python. Sebut saja Pinterest, NSA, Quora, dan lain sebagainya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan menambah minat kamu untuk mempelajari Python.

Related Articles

Cara Mengamankan Login WordPress Dengan 2FA
· 2 menit untuk membaca
Framework: Pengertian, Contoh, dan Fungsinya
· 2 menit untuk membaca
Apa itu CMS? Pahami Pengertian, Fungsi, dan Contohnya
· 3 menit untuk membaca
Database Adalah: Pengertian, Contoh, dan Jenis-Jenisnya
· 2 menit untuk membaca