Tips Memilih Theme Wordpress dan Pilihan yang Cocok

· 4 menit untuk membaca
Tips Memilih Theme Wordpress dan Pilihan yang Cocok

Memilih theme wordpress memang tidak mudah, kamu harus memastikan dulu apakah tampilannya cocok untuk niche yang dipilih. Contohnya, memakai tema travelling ternyata konten didalamnya adalah otomotif, apakah menarik?

Jawabannya adalah tidak, walau masih bisa disambungkan tetapi terkesan sangat memaksa. Satu sampai tiga kali biasa saja, ke empat dan seterusnya pasti pengunjung akan pergi karena, tata letaknya kurang nyaman.

Perlu diketahui, bahwa tema tersebut diibaratkan sebagai pembungkus kalau ada anak sedang jajan. Mereka pasti akan memilih membeli permen hewan dibandingkan dengan gambar bapak-bapak memakai topi.

Tetapi, setelah dibuka, isinya jauh berbeda dari harapan di awal. Di mana hewan tersebut mencerminkan pemandangan alam menyegarkan. Saat disantap, semuanya jauh diluar harapan hingga akhirnya malas untuk membelinya.

Kasus itu hampir sama dengan pemilihan tema yang tepat di wordpress. Di mana, sudah berharap cukup tinggi, tetapi harus kecewa karena rasa dan sampulnya berbeda. Oleh karena itu, jangan terburu-buru memilihnya.

Baca Juga:

  1. Wordpress VS Blogspot, Mana yang Terbaik?
  2. Cara Mendapatkan SSL Gratis dan Keuntungan Menggunakannya
  3. Plugin Wordpress Terbaik yang Meningkatkan Performa Website

Tips Memilih Theme Wordpress yang Cocok

Memilih tema responsif dan ramah terhadap smartphone menjadi salah satu langkah tepat. Apalagi, pengguna ponsel saat ini sudah cukup banyak. Hampir semuanya selalu menghabiskan waktu disana dibandingkan dengan komputer.

Oleh karena itu, mobile friendly menjadi langkah terbaik menarik pengunjung yang lebih suka membuka apa saja melalu handphone. Selain itu, pemilihan responsive text dinilai sangat tepat karena, google mulai memprioritaskannya.

Tidak cukup sampai disitu saja, ada beberapa tips lain juga harus diperhatikan dalam memilihnya agar perkembangan website bisa lebih cepat, pengunjung bertambah dan nyaman setidaknya menghabiskan waktu 1 jam.

1. Memilih Theme Wordpress Perhatikan Kecepatannya

Pilih developer dengan nilai skor tertinggi yaitu A. Hal ini akan mempengaruhi kecepatannya dalam membaca data. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh fitur dan fasilitas dari pengembang semakin banyak justru kurang bagus.

Hanya saja, tidak untuk kamu yang sudah memilih standar kelas A. Walau fasilitasnya melimpah tetap saja kecepatan loading terjaga dengan baik. Hal ini akan berpengaruh ke pengunjung.

Pastikan juga pemilihannya harus disertai dengan support lengkap. Artinya, saat terjadi permasalahan baik itu disengaja atau tidak, kamu bisa meminta tolong untuk membenahinya, sehingga kenyamanan pengunjung tetap terjaga,

2. Memilih Theme Wordpress Harus SEO Friendly

Harus diingat, bahwa kamu sedang di google. Untuk menjadi ranking 1 perlu SEO di semua bagian. Berbagai developer sering melakukan klaim tersebut, agar tidak tertipu cobalah lakukan pemeriksaan.

Menggunakan 3 tool yaitu Google Pagespeed, GTMetrix, dan Pingdom Tool. Saran selanjutnya, pastikan kamu menggunakan developer yang sudah memikirkan tingkat keamanannya karena, kesalahan coding dapat dimanfaatkan oleh hacker.

Apakah harus menggunakan tipe berbayar? Tidak perlu, gratisan dengan tingkat keamanan tinggi cukup banyak beredar hanya saja, kamu harus jeli dalam memilihnya, sehingga tidak menimbulkan tambahan virus yang membahayakan.

Pilihan Theme Wordpress yang Terbaik untuk Dipilih

Dari tips yang disajikan diatas, ada beberapa pilihan terbaik bisa dipilih. Poin paling pentingnya adalah semua pilihan di bawah ini sudah SEO Friendly. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi

Selain itu, semua developer ini juga gratis. Untuk fasilitasnya juga banyak jadi tidak kalah dengan yang harus membayar, bagaimana keamanannya? Tenang saja, semua sudah teruji dan hasilnya memuaskan.

1. Pilihan Theme Wordpress Ocean WP

Pilihan pertama adalah Ocean Wp, cukup terpopuler karena, sudah banyak mengunggahnya. Kurang lebih 2 juta pengguna di seluruh dunia. Termasuk mobile friendly, mempunyai page builder hingga struktur navigasinya jelas.

Perlu diketahui juga termasuk theme wordpress tercepat. Bahkan, mereka berani menjamin bahwa, untuk skor kecepatan tertinggi di antara semua tools yang ada. Tidak cukup sampai disitu.

Menghadirkan berbagai fitur berlimpah, tidak heran bila banyak orang menyukainya. User interfacenya cukup ramah, terutama bagi para pemula. Untuk mempelajarinya saja, hanya butuh waktu 5 menit saja.

2. Tema dari Pengembang Astra

Selanjutnya, adalah pesaing dari Ocean WP yaitu Astra. Mempunyai berbagai fitur melimpah, saat digunakan cukup ringan dan cepat. Mendukung schema markup sampai AMP bawaan. Tidak heran bila tampilannya cukup memukau.

Pilihan template wordpress ini mendukung layanan last update, di mana pengguna bisa tahu apa yang terakhir kali dilakukan, semua laporannya cukup jelas. Perlu diketahui bahwa, ukurannya sendiri hanya berkisar 50 Kb.

3. Pilihan Theme wordpress Neve

Berikutnya ada Neve, di mana tampilannya sangat cocok dan mendukung perkembangan blog kamu. Dukungan terhadap AMP sangat penuh dan responsive, menariknya saat jaringan sedang low, developer ini masih bisa diakses.

Termasuk mobile friendly, bisa dibuka melalaui ponsel apa saja. Selain itu dukungan untuk SEO termasuk tinggi, tidak heran bila beberapa orang sering menggunakannya. bagaimana hasilnya? Cukup bagus dan sesuai harapan.

4. Pilihan Theme wordpress Color Mag

Bagi yang ingin berkecimpung di dunia blog, artikel, dan berita, rasanya ColorMag bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif terbaik. Sangat responsif, ramah terhadap SEO, struktur kodenya bersihnya.

Aman dari berbagai virus dan malware, menariknya lagi bisa membuat CSSya sendiri, bagi yang mahir, hal ini bisa dijadikan sebagai keuntungan terbesar untuk blog. Bahkan, untuk dukungan browser dibilang cukup banyak.

Harus diakui suguhan dari tema wordpress terbaik ini memang patut diacungi jempol. Mereka begitu berani untuk tampil berbeda. Tidak heran bila banyak pengunjung selalu memilihnya untuk menarik pengunjung.

5. Pilihan Tema dari Sparkling

Sparkling memiliki desain yang cukup modern, dengan tampilan sangat rapi. Di mana mereka termasuk paling responsive dan SEO friendly, mereka juga mendukung schema markup, sangat membantu sekali.

Hampir semua plugin wordpress sudah mendukung tema ini, cocok digunakan baik untuk pribadi atau bisnis. Rasanya tidak salah menjadi sparking sebagai pilihan agar website blog kamu lebih berkembang.

6. Pilihan Tema Worpress dari Hestia

Tema wordpress berikutnya adalah hestia, di mana sudah banyak pengguna mencobanya. Kurang lebih 10 orang mengaku puas dengan performanya. Memiliki material design sederhana tetapi, terlihat rapi i semua sisi.

Kelebihan yang ditawarkan memang tidak tanggung-tanggung. Struktur headingnya sendiri cukup memukau dengan tambahan breadcrumbs. Untuk akses terlihat cukup rapi dan ringan termasuk untuk mobile phone.

7. Pilihan Tema dari Shapely

Pilihan theme wordpress terbaik terakhir jatuh pada shapely. Walaupun gratis, tidak mengurangi berbagai fitur dan fasilitasnya seperti, kustomisasi, penambahan warna, widget dan masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan.

Kode hingga strukturnya sudah teroptimasi dengan baik, tidak heran bila saat mengaksesnya website dapat berjalan cepat. Termasuk mobile friendly juga, sehingga apa saja perangkatnya, masih bisa dinikmati tanpa kecewa.

Pilihannya cukup banyak bukan? Semuanya sudah memenuhi standar serta tips diatas. Theme wordpress menjadi komponen penting yang harus dipikirkan sejak sekarang, agar pengunjung kamu semakin ramai dan betah.

Related Articles

Langkah Membuat Website dengan Wordpress untuk Pemula
· 5 menit untuk membaca
Wordpress VS Blogspot, Mana yang Terbaik?
· 4 menit untuk membaca