Langkah Membuat Website dengan Wordpress untuk Pemula

· 5 menit untuk membaca
Langkah Membuat Website dengan Wordpress untuk Pemula

Membuat website dengan Wordpress adalah sesuatu yang sangat mudah. Bahkan, dalam waktu 5 menit saja kamu bisa memiliki website sendiri menggunakan CMS satu ini.

Wordpress merupakan CMS (Content Management System) yang saat ini masih terpopuler di dunia. Situs-situs yang kamu kunjungi setiap hari bisa jadi menggunakan CMS ini. Baik itu blog, situs komunitas, jual beli, profil perusahaan, dan sebagainya.

Jika ingin memiliki situs berkualitas, CMS satu ini adalah pilihan tepat. Tidak usah khawatir, cara membuatnya sangat mudah. Kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap bagaimana membuat website di Wordpress.

Kelebihan Membuat Website dengan Wordpress

Selain Wordpress, terdapat jenis CMS lainnya yang juga dipakai untuk membangun website profesional. Misalnya Blogger, Joomla, Drupal, dan banyak lagi. Lantas, mengapa harus memilih platform ini?

1. Pembuatannya Sangat Mudah

Alasan utama mengapa CMS ini masih menjadi yang terpopuler adalah karena kemudahannya. Pengguna tidak diharuskan memiliki skill programming karena tidak perlu membangun website dari nol.

Artinya, pengguna bisa fokus ke hal lain seperti memilih tema, plugin, mengelola tampilan, hingga membuat konten. Dengan kata lain, kemudahan langkah-langkah membuat website dengan Wordpress membuat pengguna bisa menghemat waktu dan tenaga.

2. Pengelolaan yang Fleksibel

Setiap orang memiliki kebutuhan sendiri-sendiri dengan tujuan masing-masing saat memutuskan membuat website. Content Management System ini memungkinkan user untuk melakukan berbagai modifikasi secara bebas baik tampilan maupun fiturnya.

3. Theme dan Plugin

CMS ini menyediakan beragam theme dan plugin yang bisa kamu gunakan untuk mengatur tampilan serta menambahkan berbagai fitur. Jadi, tanpa skill programming sekalipun siapa saja bisa membuatnya secara mudah dalam waktu singkat.

4. Mudah Dipelajari

Ingin membuat website dengan Wordpress namun minim pengalaman di bidang ini? Tenang saja, sebagai CMS terpopuler saat ini, Wordpress memiliki komunitas terbesar yang tersebar di seluruh dunia.

Kamu bisa memanfaatkannya untuk belajar secara otodidak sekalipun. Selain itu banyak juga jasa yang menawarkan kelas-kelas belajar Wordpress secara komprehensif. Jadi, kamu hanya perlu memperkuat komitmen untuk mempelajarinya sampai bisa.

5. Terus Berkembang

Sebagai CMS yang sifatnya open source, Wordpress selalu dikembangkan oleh programmer dari seluruh dunia. Artinya selalu ada perbaikan-perbaikan yang mendukung peningkatan performa secara keseluruhan.

Memahami Wordpress.com vs Wordpress.org

Sebelum lanjut ke tutorial membuat website dengan Wordpress, user perlu mengetahui kalau CMS ini terbagi menjadi dua versi, yaitu Wordpress.com dan Wordpress.org. Untuk memahami perbedaannya, cermati penjelasan berikut.

1. Wordpress.com

Versi satu ini dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis. Kamu tidak perlu membeli domain dan hosting sendiri karena sudah disediakan oleh platform CMS tersebut. Nantinya alamat website kamu adalah “www.namadomain.wordpress.com.”

Versi gratis ini memiliki beberapa kelemahan seperti keterbatasan theme dan plugin. Selain itu, kamu juga tidak bisa menjadi publisher dari advertising network seperti AdSense Google atau lainnya.

Meski begitu, versi gratis ini masih bisa digunakan sebagai platform untuk menempatkan konten bersponsor atau menampilkan WordAds. Versi ini sudah cukup bagi kamu yang masih belajar dari awal.

2. Wordpress.org

Ingin membuat website dengan Wordpress yang lebih profesional dan sesuai keinginan? Wordpress.org adalah jawabannya. Versi ini memberikan keleluasaan penuh bagi pengguna dalam mengelola tampilan hingga fitur-fitur berkat kelengkapan theme serta plugin.

Ini juga cocok jika kamuberniat mengembangkan website sekaligus menjadi publisher ads network seperti AdSense dan sebagainya. Namun, pengguna versi ini perlu menyewa domain dan hosting berbayar sesuai kebutuhan kapasitasnya.

Baca juga:

  1. Wordpress VS Blogspot, Mana yang Terbaik?
  2. Tips Memilih Theme Wordpress dan Pilihan yang Cocok
  3. Plugin Wordpress Terbaik yang Meningkatkan Performa Website

Cara dalam Membuat Sebuah Website dengan Wordpress untuk Pemula Versi Gratis

Sekarang saatnya kamu membuat website sendiri menggunakan versi gratis. Versi ini cocok dipilih jika kamu belum familiar sama sekali, anggap saja untuk latihan. Namun bukan berarti tidak dilakukan secara serius.

Membuat website dengan Wordpress versi gratis sangat mudah dan cepat. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Langkah pertama, silakan buka situs Wordpress.com kemudian klik pada tulisan ‘Mulai situs web Anda’.

Mulai situs web Anda

2. Cara membuat website dengan wordpress bagi pemula berikutnya, masukkan email, nama pengguna dan kata sandi. Bila perlu, catat dan simpan baik-baik agar tidak lupa jika ingin login. Kemudian klin ‘Buat akun Anda’.

3. Kamu akan diminta memilih di antara 4 opsi, yakni Blog, Business, Professional, dan Online Store. Jika ingin membuat blog baru, maka klik ‘Blog’. Sesuaikan berdasarkan kebutuhan.

4. Selanjutnya, kamu akan diminta mengisi kategori sesuai dengan blog yang ingin dibuat. Pilih kategori mana yang paling menggambarkan konten blog nantinya. Jika sudah, klik ‘Continue’.

5. Cara membuat website dengan Wordpress selanjutnya, kamu akan diminta mengisi penjelasan singkat tentang blog tersebut. Lalu klik ‘Continue’.

6. Kini saatnya mengisi nama alamat blog, usahakan agar nama tersebut bersesuaian dengan konten. Nantinya alamat blog kamu adalah ‘namablog.wordpress.com’. Pilih opsi ‘Free’ biasanya terletak di paling atas.

7. Langkah terakhir, klik ‘Start with a free site’. Selanjutnya akan ada tampilan dashboard di mana kamu bisa mengelolanya sesuai kebutuhan. Jangan lupa mengecek email untuk konfirmasi launching agar situs dapat ditampilkan.

Panduan Dalam Membuat Website dengan Menggunakan Wordpress Profesional

Jika ingin memiliki website profesional dengan nama domain sendiri, maka cara ini perlu kamu pelajari. Menginstall CMS tersebut sangat mudah karena bisa dilakukan melalui tool Softaculous yang biasanya sudah ada di hosting.

Sebelum itu, kamu harus membeli domain hosting melalui penyedia web hosting. Penyedia web hosting besar terkadang menggratiskan domain saat kamu menyewa hosting mereka. Berikut ini urutan membuat website dengan Wordpress melalui Softaculous:

1. Login cPanel. Langkah pertama, masuk ke cPanel. Username dan password biasanya diberikan ketika membeli web hosting.

masuk ke cPanel

2. Selanjutnya, temukan aplikasi bernama Softaculous, yaitu tool untuk menginstall platform website termasuk CMS ini.

Softaculous

3. Untuk instalasi membuat website dengan Wordpress, kemudian cari Wordpress lalu klik.

cari Wordpress

4. Langkah berikutnya adalah melakukan setting Suftaculous. Di sini kamu akan diminta mengatur Site Settings, Admin Account, Software Setup, Choose Language, Select Plugins, dan Advanced Options.

setting Wordpress Suftaculous

5. Panduan membuat website dengan wordpress selanjutnya setelah melakukan pengaturan, kamu sudah berhasil menginstallnya dan bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Jangan takut untuk memulai membangun website menggunakan CMS satu ini. Dengan banyaknya komunitas di seluruh dunia, kamu dapat menemukan jawaban atas permasalahan yang ditemui. Jadi, jangan tunda membuat website dengan Wordpress.

Related Articles

Cara Menghubungkan Domain Dengan CloudFlare
· 3 menit untuk membaca
Pilihan Template Blogspot Gratis Agar Lebih Profesional
· 5 menit untuk membaca
Tips Memilih Theme Wordpress dan Pilihan yang Cocok
· 4 menit untuk membaca
Wordpress VS Blogspot, Mana yang Terbaik?
· 4 menit untuk membaca