Mau jadi Back End Developer? Ini Skill Yang Harus Dikuasai!

· 3 menit untuk membaca
Mau jadi Back End Developer? Ini Skill Yang Harus Dikuasai!

Dalam dunia pemrograman, salah satu profesi yang mulai banyak dicari adalah seorang backend developer. Ini merupakan profesi yang berada di balik layar dari terciptanya sebuah web atau aplikasi.

Dalam pengembangan sebuah web atau aplikasi, maka kerja dari bagian ini memang relatif tidak terlihat. Namun demikian peran dan kontribusi yang diberikan sangatlah besar dan penting. Seorang yang berada di posisi backend akan bertanggung jawab untuk hal – hal teknis seperti server, database, system, dan lainnya.

Skill Menjadi Backend Developer

Sesuai dengan perannya, maka mereka yang ingin menjadi seorang backend developer memang dituntut untuk memiliki beberapa macam skill. Skill yang diperlukan diantaranya adalah :

1. Bahasa Pemrograman

Semua programmer tentu harus menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman. Dan untuk menjadi seorang backend developer maka ada beberapa bahasa pemrograman yang wajib dikuasai. Adapun bahasa pemrograman untuk sisi backend diantaranya adalah PHP, Javascript, Python, dan lainnya. Itu semua merupakan contoh dari bahasa pemrograman yang populer digunakan pada sisi backend.

2. Framework

Semua programmer akan bekerja dengan mengandalkan bantuan framework. Framework sendiri merupakan perangkat yang digunakan programmer untuk mengembangkan program. Framework diperlukan untuk memberikan kerangka kepada developer. Kerangka inilah yang nantinya akan menjadi panduan kerja bagi para developer.

Pada sisi backend, disesuaikan dengan bahasa pemrograman yang digunakan maka framework yang harus dikuasai pun ada beberapa jenis. Beberapa framework yang biasa digunakan pada sisi backend seperti laravel, Django, Rails, dan lainnya.

Baca juga: Framework: Pengertian, Contoh, dan Fungsinya

3. Algoritma

Skill backend developer lainnya yang perlu dikuasai juga adalah masalah algoritma. Algoritma merupakan sebuah cara untuk menemukan masalah dan menyelesaikannya dengan cara yang logis dan sistematis. Kemampuan ini akan sangat diperlukan untuk mengatasi kemungkinan munculnya gangguan seperti bug.

4. Database

Secara sederhana, database bisa diartikan sebagai sekumpulan data yang tersimpan di dalam sistem. Semua data tersebut bisa ditampilkan dengan menggunakan proses dan cara tertentu. Kemampuan menguasai database berarti Anda harus bisa mengorganisasi semua data tersebut.

Kemampuan ini juga bertujuan untuk membuat data ditampilkan dengan serangkaian proses sehingga menghasilkan data yang diminta. Lebih lanjut, kemampuan database juga bertujuan untuk mencegah terjadinya pencurian data ataupun penggunaan data yang salah.

Baca juga: Database Adalah: Pengertian, Contoh, dan Jenis-Jenisnya

5. Web Security

Berkaitan dengan keamanan data, maka skill yang juga harus dimiliki oleh seorang backend adalah pengetahuan tentang web security. Kemampuan ini bertujuan untuk melindungi website ataupun aplikasi yang dibuat dari serangan hacker.

6. Web Server

Skill wajib yang juga harus dikuasai oleh seorang backend developer adalah masalah web server. Web server merupakan perangkat yang akan memproses semua permintaan halaman web dari klien. Cara kerja dari web server adalah merespon semua permintaan tentang laman web, mencarinya di database, lalu kemudian ditampilkan di layar sesuai permintaan.

7. Version Control System

Saat ini pekerjaan backend developer biasanya tidak hanya dikerjakan oleh satu orang. Mengingat begitu kompleksnya web ataupun aplikasi saat ini, maka para backend developer ini akan bekerja dalam tim. Dan untuk memudahkan kerja tim ini maka digunakan sebuah platform yang biasa disebut dengan version control system.

Menguasai platform ini tentu akan memudahkan kerja Anda ketika berada dalam tim. Version control system sendiri bertujuan untuk melakukan pencatatan pada setiap perubahan file yang ada pada system. Semua perubahan akan terdokumentasi di sini. Sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, file lama tidak akan hilang.

Platform ini juga mendukung kerja kolaboratif. Di mana setiap anggota bisa bekerja sendiri sesuai dengan tugasnya lalu menggabungkan hasil kerjanya dengan yang lain. Salah satu platform yang banyak digunakan untuk ini adalah Git.

8. API

API atau application Programming Interface merupakan salah satu skill yang juga harus dikuasai oleh seorang backend developer. Skill ini bertujuan untuk memudahkan Anda ketika harus menggabungkan dua sistem menjadi satu. Secara sederhana, API merupakan sebuah cara untuk memungkinkan sebuah aplikasi berkomunikasi dengan aplikasi lain.

Baca juga: Apa itu API? Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Kesimpulan

Itulah beberapa hal tentang backend developer yang perlu Anda ketahui. Melihat pesatnya perkembangan dunia IT sekarang, maka profesi ini merupakan salah satu yang menjanjikan. Backend developer akan sangat diperlukan dalam hal pengembangan web ataupun aplikasi

Related Articles

Cara Mengamankan Login WordPress Dengan 2FA
· 2 menit untuk membaca
Framework: Pengertian, Contoh, dan Fungsinya
· 2 menit untuk membaca
Ini 6 Perusahaan Terkenal yang Menggunakan Python
· 3 menit untuk membaca
Apa itu CMS? Pahami Pengertian, Fungsi, dan Contohnya
· 3 menit untuk membaca
Database Adalah: Pengertian, Contoh, dan Jenis-Jenisnya
· 2 menit untuk membaca