Mengenal Lebih Lanjut Tentang CPU, APU, dan GPU.

· 3 menit untuk membaca
Mengenal Lebih Lanjut Tentang CPU, APU, dan GPU.

Untuk mereka yang sudah akrab dengan berbagai hardware komputer, tentu istilah CPU sudah tidak asing lagi. Ini merupakan perangkat yang berperan sebagai otak dari komputer itu sendiri. Namun seiring berkembangnya zaman, dan juga kebutuhan yang lebih spesifik, kini otak dari komputer tidak hanya dikenal dengan CPU. Ada GPU dan juga APU.

Ketiganya memiliki peruntukannya sendiri. prosesor ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari penggunanya. Lalu, apa sebenarnya perbedaan dari CPU, GPU, dan APU

Apa itu CPU?

AMD Ryzen 7 3700X
Photo by Olivier Collet / Unsplash

CPU atau Central Processing Unit, mungkin ini merupakan jenis prosesor yang paling familiar di kalangan umum. Perangkat ini akan berperan sebagai otak dari komputer. Tugas utamanya adalah menangani semua kerja yang dilakukan oleh perangkat keras yang ada pada komputer tersebut.

Baik dan buruknya CPU akan menentukan seperti apa kemampuan dari komputer tersebut. Kemampuan itu sendiri bisa ditentukan oleh beberapa faktor. Faktor utamanya adalah berapa banyak core yang ada pada sebuah prosesor. Semakin banyak core ini maka semakin baik kemampuannya. Saat ini, hampir semua CPU sudah memiliki minimal dua core.

Selain masalah banyaknya core. Kemampuan CPU juga akan dilihat dari masalah kecepatan. Kecepatan disini akan berhubungan dengan seberapa banyak jumlah perintah yang bisa dilakukan dalam waktu satu detik. Semakin tinggi nilai kecepatannya maka akan semakin baik. Kecepatan dalam CPU akan diukur dengan satuan Ghz.

Apa itu GPU?

NVIDIA GTX 1080 Ti and RTX 2080 Shot
Photo by Nana Dua / Unsplash

Selain CPU, kini juga mulai dikenal perangkat sejenis dengan nama GPU. Cara kerja keduanya hampir sama. Namun, GPU atau Graphic Processing Unit hanya akan memproses perintah yang dari perangkat lunak yang akan ditampilkan pada layar.

Singkatnya, perangkat ini akan memproses semua hal yang berkaitan dengan apa yang akan ditampilkan. Peran GPU saat ini juga menjadi penting. Hal ini karena sudah banyak orang yang membutuhkan tampilan grafis yang sangat detail.

Bahkan saat ini GPU tidak hanya menampilkan gambar dua dimensi seperti GUI. Kemampuan GPU bahkan sudah mampu untuk memproses dan menghasilkan sebuah gambar 3 dimensi.

Kemampuan ini bisa dimanfaatkan untuk permainan game maupun aplikasi software design. yang terbaru, GPU juga mampu untuk menghasilkan kemampuan virtual reality.

Apa itu APU?

Jenis prosesor lain yang kini mulai banyak digunakan juga adalah APU. APU atau Accelerated Processing Unit merupakan prosesor yang menggabungkan kemampuan CPU dan GPU. Tujuan utama dari penggunaan prosesor ini lebih ke arah efisiensi.

Dengan menggunakan APU maka akan meningkatkan kecepatan dan kekuatan saat melakukan berbagai proses di komputer. Selain itu, manfaat dari menggunakan APU adalah lebih hemat energi daripada menggunakan CPU dan GPU secara terpisah.

Masalahnya, penggunaan APU ini juga memiliki kekurangan. Masalah utama yang akan ditimbulkan adalah kapasitas RAM. Karena di dalam APU terdapat CPU dan GPU maka akan menyebabkan keduanya harus berbagi kapasitas RAM dan juga cache. Hal ini biasanya akan terasa efeknya pada GPU. Solusi paling mudah dari masalah ini tentu saja dengan memperbesar kapasitas RAM yang ada.

Mana yang Lebih Baik Antara CPU, GPU, dan APU

Jika melihat mana yang lebih baik antara ketiganya, maka akan sulit untuk menjawabnya. Ketiganya memang didesain untuk melakukan pekerjaan yang berbeda. Jika Anda memerlukan komputer untuk kebutuhan dasar saja seperti mengetik, browsing, atau yang lainnya maka CPU atau APU saja sudah cukup.

Namun jika Anda memerlukan komputer untuk kebutuhan desain yang rumit. Dan juga ingin menghasilkan desain dengan detail yang jelas maka GPU akan menjadi pilihan yang pas.