6 Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik

· 2 menit untuk membaca
6 Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik

Saat ini mungkin banyak orang yang sudah mengenal layanan cloud storage. Secara mudah, layanan ini merupakan sebuah cara untuk menyimpan berbagai data secara online. Meskipun ada beberapa penyedia layanan yang hanya bisa menyimpan file jenis tertentu saja. Namun secara umum, semua bentuk file bisa disimpan secara cloud ini.

Manfaat utama dari layanan ini adalah menyediakan tempat untuk melakukan back up data. Selain melakukan back up data secara offline, melakukan back up secara online juga dipilih karena dianggap lebih aman.

Selain itu, manfaat lain dari cloud storage ini juga data yang disimpan bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Kita tidak perlu membawa harddisk kemana – mana, dengan cloud maka semua perangkat bisa kita gunakan mengakses data kita.

Beberapa layanan cloud memang membutuhkan biaya. Meskipun jika dilihat dari manfaatnya maka biaya ini tidak begitu mahal. Meski demikian masih banyak layanan cloud storage gratis yang bisa kita manfaatkan. Beberapa layanan cloud storage tersebut diataranya adalah :

1. Google Drive

Mungkin ini merupakan layanan cloud yang paling dikenal banyak orang. Sebagian orang juga menganggap ini adalah layanan cloud storage terbaik. Secara gratis, layanan ini akan menyediakan Anda kapasitas sampai 15 GB.

Layanan Google Drive ini juga terkoneksi dengan layanan google lainnya. Tentu ini akan memudahkan karena selain bisa menyimpan file secara online Anda juga bisa melakukan kerja secara online.

2. Dropbox

Penyedia layanan cloud lainnya adalah dropbox. Salah satu keunggulan dari layanan ini adalah adanya akses secara gratis ke Microsoft Office online. Ini memungkinkan Anda untuk melakukan edit dokumen secara online. Secara gratis penyedia layanan ini memberikan Anda ruang kosong sampai dengan 2 GB.

3. OneDrive

Ini merupakan layanan cloud yang disediakan oleh microsoft. Layanan cloud storage gratis ini dulunya bernama SkyDrive. Keunggulan utama dari layanan ini adalah akses penuh ke semua aplikasi microsoft. Untuk layanan tidak berbayar maka Anda akan mendapatkan ruang kosong sampai dengan 5 GB.

4. MEGA

Ini merupakan salah satu layanan cloud storage terbaik yang menyediakan kapasitas penyimpanan sampai 50 GB. Nama MEGA sendiri dulunya bernama Megaupload. Sebuah layanan file sharing yang cukup dikenal.

5. MediaFire

Penyedia layanan cloud lainnya yang bisa Anda coba gunakan adalah MediaFire. Sama seperti MEGA, MediaFire ini juga dulu dikenal hanya sebagai media file sharing saja. Namun saat ini selain melakukan file sharing, mereka juga menambah layanannya dengan file storage.

Secara gratis, penyedia layanan ini memberikan Anda ruang sampai dengan 10 GB. Yang unik dari penyedia layanan ini adalah Anda bisa menambah kapasitas ruang penyimpanan tanpa harus mengeluarkan uang. Anda hanya perlu untuk melakukan rujukan kepada teman ataupun mendownload sebuah aplikasi yang disarankan.

Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh penyedia layanan ini adalah tidak ada batas untuk bandwidth yang digunakan. Baik pada saat proses upload maupun download.

6. Yandex Disk

Nama Yandex mungkin lebih dikenal sebagai salah satu mesin pencari. Faktanya, mereka juga memiliki layanan penyimpanan data secara online ini. Layanan mereka bernama Yandex Disk. Secara gratis maka Anda akan mendapatkan kapasitas ruang kosong sebanyak 10 GB. Keunggulan lain dari penyedia layanan ini adalah adanya akses penuh ke Microsoft Office Online.

Itulah beberapa layanan cloud storage yang bisa Anda coba. Keunggulan utama dari layanan cloud storage ini adalah masalah keamanan. Data yang disimpan lebih terjamin keamanannya. Selain itu dengan melakukan pencadangan data secara online juga akan menghilangkan resiko data hilang karena perangkat offline rusak.

Related Articles

3 Cara Ubah File Word Ke PDF Lewat Laptop atau HP
· 2 menit untuk membaca
5 Aplikasi Gratis Pengganti Microsoft Office
· 3 menit untuk membaca