Cara Mendapatkan SSL Gratis dan Keuntungan Menggunakannya

· 5 menit untuk membaca
Cara Mendapatkan SSL Gratis dan Keuntungan Menggunakannya

Saat ini banyak para blogger yang mencari cara mendapatkan SSL gratis, sebab cara ini dianggap dapat mengembangkan website lebih optimal. Memang ada beberapa SSL yang harganya murah, tetapi SSL gratis ini lebih banyak diminati.

Walaupun free SSL 1 year, tetapi SSL ini sudah terbukti ampuh untuk meningkatkan kualitas dari suatu website. Maka tidak heran, jika banyak pengguna yang mulai menerapkan SSL gratisan ini di website mereka.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan SSL gratis ini pada website, maka sebaiknya Anda mencari cara mendapatkan sertifikat SSL. Untuk mengetahui cara mendapatkan layanan SSL gratis simak pembahasan berikut.

Cara Mendapatkan Layanan SSL Gratis

Untuk bisa mendapatkan SSL gratis pastinya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Bahkan saat ini Anda bisa memanfaatkan berbagai penyedia web hosting yang memberikan layanan SSL gratis. Beberapa penyedia layanan SSL gratis diantaranya yaitu:

1. Let’s Encrypt

cara mendapatkan ssl gratis dari let's encrypt

Salah satu cara mendapatkan SSL gratis yaitu melalui Let’s Encrypt yang merupakan Certificate Authority. Pada tahun 2016 Let’s Encrypt telah meluncurkan versi terbarunya dan menghapus versi beta.

Let’s Encrypt juga menyediakan layanan sertifikat SSL gratis bagi setiap penggunanya. Hal ini bertujuan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi setiap pengguna internet di seluruh dunia.

Akan tetapi, cara mendapatkan ssl gratis dari let's encrypt ini hanya bisa berlaku hingga 3 bulan saja dan untuk selanjutnya harus melakukan pembaharuan. Namun tidak perlu khawatir, sebab Let’s Encrypt sudah menyediakan fitur auto renew untuk pembaharuan SSL.

Untuk kualitas yang diberikan SSL gratis Let’s Encrypt ini memang cukup memuaskan, namun tetap saja ada beberapa kekurangan. Salah satunya adalah beberapa browser lama masih belum mendukung sertifikat dari Let’s Encrypt ini.

Meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir, sebab untuk browser baru yang banyak digunakan orang sudah kompatibel dengan SSL dari Let’s Encrypt. Jadi, penggunaan SSL gratis ini tetap bisa optimal untuk website Anda.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan layanan ini, maka Anda bisa mendapatkannya di layanan hosting yang menyediakan free SSL. Terkadang penyedia hosting ini sudah menerapkan layanan SSL dari Let’s Encrypt.

Apabila Anda menggunakan VPS, maka sebaiknya Anda menginstal Certbot terlebih dahulu sebelum menerapkan SSL ini. Certbot adalah sebuah aplikasi pihak ketiga yang akan memudahkan proses instalasi SSL dari Let’s Encrypt.

2. SSL Free CloudFlare

cara mendapatkan ssl gratis dari cloudflare

Selanjutnya cara mendapatkan ssl gratis dari cloudflare juga bisa menjadi solusi terbaik bagi pemilik website. Pemasangan SSL ini juga cukup mudah dilakukan dan layanan ini sebenarnya bukanlah penyedia sertifikat SSL melainkan sebuah layanan Content Delivery Network (CDN).

Untuk bisa menggunakan SSL dari CloudFlare, maka Anda bisa melakukan resgistrasi terlebih dahulu pada layanan tersebut. Selanjutnya Anda tinggal memasukkan alamat website dan jangan lupa melakukan redirect pengunjung yaitu dari versi HTTP ke HTTPS.

Selain itu, lakukan penggantian URL yang masih mengarah ke alamat website sebelumnya. Apabila semua proses sudah dilakukan dengan benar, maka Anda bisa menikmati layanan SSL free dari CouldFlare.

3. SSL Gratis dari Comodo

Cara mendapatkan ssl gratis dari comodo

Selain menggunakan cara mendapatkan ssl gratis dari clodflare, Anda juga bisa memanfaatkan layanan dari Comodo. Comodo adalah layanan Certificate Authority yang cukup terkenal, serta sudah memiliki banyak pengguna di seluruh dunia.

Perlu Anda ketahui, sebenarnya layanan yang diberikan oleh Comodo ini adalah layanan SSL berbayar. Akan tetapi, setiap pengguna yang baru menggunakan SSL dari Comodo bisa menikmati masa percobaan selama 90 hari.

Meskipun ini versi trial, namun untuk kualitas dan fitur yang diberikan tidak berbeda jauh dengan versi berbayarnya. Cara mendapatkan ssl gratis dari comodo ini sangat mudah, sebab Anda tinggal mendaftar dan memasang versi trialnya pada website.

Keuntungan dari trial SSL Comodo ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pengujian sertifikat SSL pada website baru dengan menggunakan 25 enkripsi dan 1028 bit sifgnatur. Untuk informasi layanan SSL lainnya, maka Anda bisa membukan halaman free SSL cerificate.

4. Get HTTPS for free

Cara mendapatkan SSL gratis berikutnya adalah melalui Get HTTPS for Free yang menyediakan layanan SSL gratis seperti di Let’s Encrypt. Layanan ini termasuk cukup mudah digunakan oleh semua pengguna jika dibandingkan SSL dari Let’s Encrypt.

Jadi sebagai solusi mendapatkan layanan SSL gratis lainnya Anda bisa menggunakan SSL dari Get HTTPS for Free. Selain itu, jika Anda membutuhkan informasi mengenai layanan SSL maka Anda bisa membuka halaman website Get HTTPS for Free.

5. Layanan SSL Gratis dari cPanel

cara membuat SSL gratis di cpanel

Selanjutnya cara membuat SSL gratis di cpanel juga bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan website. cPanel juga memiliki layanan SSL gratis dan bisa digunakan sebagai managemen sistem pada suatu website.

Layanan SSL gratis yang diberikan cPanel ini didapatkan dari kerja sama dengan pihak penyedia layanan SSL lain. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk mendapatkan sertifikat tersebut.

Ketika Anda menggunakan layanan cPanel, maka Anda bisa menggunakan berbagai macam Certificat Authority (CA) yang sudah disediakan. Mulai dari Comodo, autoSSL hingga Layanan SSL dari Let’s Encrypt.

Apabila Anda sudah terlanjur menggunakan layanan dari penyedia domain dan web hosting sebelumnya, maka tanyakan kepada provider tersebut apakah menyediakan layanan SSL gratis. Selain itu, tanyakan juga jenis SSL yang ditawarkan provider tersebut.

Keuntungan Menggunakan Layanan SSL Gratis

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan layanan SSL gratis untuk website, maka ketahui beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Berikut beberapa keuntungan yang perlu Anda ketahui saat menggunakan SSL gratis.

1. Mengamankan Pertukaran Data

Keuntungan saat menggunakan SSL gratis adalah untuk meningatkan protokol keamanan pada website. Dengan begitu, pertukaran data melalui jaringan internet akan lebih aman. Dengan adanya SSL, maka setiap data yang diproses pada web akan terenkripsi dengan mudah.

Selain itu, user yang tidak berkaitan atau tidak memiliki otoritas tidak akan bisa membaca data tersebut. Setiap informasi yang dikelola oleh SSL dan HTTPS akan terenkripsi secara otomatis dengan dua kunci, yaitu private key dan public_key.

2. Meningkatkan Kepercayaan Setiap Pengunjung Website

Dengan menerapkan cara mendapatkan SSL gratis, maka secara tidak langsung ketika ada orang yang membuka alamat website akan muncul icon gembok hijau pada URL HTTPS yang digunakan. Hal ini dipercaya mampu meningkatkan kepercayaan pengujung pada website.

3. Mampu Meningkatkan Kualitas SEO

Penerapan SSL gratis ini juga mampu kualitas SEO suatu website. Semakin baik kualitas SEO suatu website, maka hal ini akan meningkatkan peringkat website tersebut di halaman mesin pencarian.

Bahkan beberapa waktu lalu Google telah mengumumkan, bahwa penggunaan HTTPS lebih dipertimbangkan dalam penentuan peringkat website di mesin pencarian. Hal ini dilakukan untuk memastikan setiap pengguna supaya lebih aman saat menjelajahi internet.

Jika Anda memiliki website dan belum memiliki sertifikat SSL, maka pilih beberapa referensi SSL gratis diatas. Cara mendapatkan SSL gratis ini cukup mudah dan tentunya dapat meningkatkan kualitas dari website Anda.

Related Articles

Wordpress VS Blogspot, Mana yang Terbaik?
· 4 menit untuk membaca