Bagaimana Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru? Yuk, Simak!

· 3 menit untuk membaca
Bagaimana Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru? Yuk, Simak!

Cara memindahkan kontak ke HP baru sebenarnya tidak terlalu sulit, namun akan sangat memakan waktu jika kamu masih menggunakan cara konvensional seperti mencatat ulang nomor. Untungnya, ada beberapa cara memindahkan kontak dari HP lama ke HP baru dengan cepat dan mudah, seperti beberapa cara pada artikel ini.

Cara Memindahkan Kontak Ke HP Baru

Mengganti perangkat telepon bagi sebagian orang pasti cukup berat dan merepotkan. Bukan hanya karena harga HP baru, namun juga karena harus beradaptasi dan melakukan migrasi data.

Seperti yang kamu tahu, memindahkan data seperti kontak ke device baru biasanya memakan waktu yang cukup lama. Apalagi jika masih menggunakan cara manual, energi yang kamu butuhkan tentu akan sangat besar.

Namun kini kamu perlu bersyukur, karena dengan beberapa cara ini proses migrasi data kontak akan jadi lebih mudah. Hal ini juga menjadi cara memindahkan kontak WA ke HP baru yang paling efektif jika kamu bandingkan dengan menulis ulang satu persatu.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memindahkan kontak dengan cepat!

1. Menggunakan Sinkronisasi Akun Google

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah menggunakan akun Google. Hal yang perlu kamu pastikan adalah seluruh kontak kamu harus tersimpan ke satu akun Google yang sama. Untuk menggunakan akun Google sebagai sarana pemindahan data, kamu perlu memanfaatkan fitur sinkronisasi pada ponsel pintarmu.

Menggunakan sinkronisasi Google akun memang terkenal lebih efektif, karena mampu memindahkan banyak kontak selagi batas penyimpanan Google kamu masih ada. Namun untuk menggunakan cara ini, kamu harus mengaktifkan data atau tersambung dengan internet.

  • Buka kontak dan pilih salin kontak dari telepon (perangkat) menuju ke akun Google yang ingin kamu jadikan perantara. Hal ini bisa memastikan bahwa seluruh kontak sudah terhubung ke akun Google tersebut.
  • Buka opsi "Pengaturan" telepon lalu cari "Akun" untuk melakukan sinkronisasi data (termasuk kontak, file, audio, maupun video).
  • Pilih akun yang akan kamu gunakan untuk memindah data, lalu lakukan sinkronisasi dan tunggu hingga prosesnya selesai..
  • Kamu juga bisa melakukan sinkronisasi seluruh file maupun hanya sebagian.
  • Langkah selanjutnya adalah melakukan sinkronisasi akun ke ponsel baru menggunakan akun Google yang sama.
  • Kamu hanya perlu login dengan akun Google yang sama lalu melakukan sinkronisasi kontak.
  • Caranya hanya perlu membuka email lalu login Google yang sama. Untuk sinkronisasi data dan kontak, kamu bisa melakukan seperti cara awal. Namun beberapa ponsel menyediakan widget sinkronisasi pada pengaturan cepat.

2. Memanfaatkan SIM Card untuk Memindah Kontak

Cara memindahkan kontak dari HP lama ke HP baru berikutnya, bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan SIM card. Sebenarnya cara ini memiliki kelemahan pada kapasitas penyimpanan SIM card yang terbatas, rata-rata SIM card hanya memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 200 kontak saja.

Namun cara ini masih bisa kamu gunakan dan akan jauh lebih baik daripada harus melakukan cara manual. Untuk menggunakan cara ini tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu memanfaatkan fitur salin kontak pada ponsel pintar kamu.

  • Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memastikan kontak kamu sudah masuk ke penyimpanan SIM card yang kamu gunakan.
  • Kamu bisa membuka “kontak” lalu cari “pengaturan kontak” pada HP lamamu.
  • Cari fitur “Salin” lalu pilih asal kontak yang ingin kamu pindahkan.
  • Pilih  kontak yang ingin kamu salin, lalu klik “Salin” untuk menyalin kontak pilihan kamu.
  • Pilih “Salin ke USIMpastikan memilih SIM card yang akan kamu gunakan, lalu klik OK.
  • Tunggu hingga selesai lalu pindahkan SIM card ke HP baru dan aktifkan HP.
  • Buka “kontak” lalu ke “pengaturan kontak”.
  • Kemudian, lakukan cara yang sama namun dengan pemilihan directory yang berbeda. Kamu bisa memilih menyalin kartu dari SIM card ke penyimpanan ponsel maupun Google.
  • Tunggu proses hingga selesai dan kontak berhasil kamu pindahkan.

3. Cara Memindahkan Kontak Ke HP Baru dengan SD Card

Selain menggunakan SIM card, kamu juga bisa memindahkan kontak dengan memanfaatkan SD card. Cara ini memanfaatkan fitur “Import/Eksport” yang ada pada kedua ponsel yang kamu miliki.

  • Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuka “kontak” lalu cari “pengaturan kontak” pada HP lamamu.
  • Cari fitur “Import/Eksport” lalu pilih “Eksport Kontak ke SD Card”, lalu tunggu hingga selesai dan lakukan import kontak ke HP baru.
  • Pindahkan SD card ke HP baru dan aktifkan, buka “kontak” lalu ke “pengaturan kontak”.
  • Cari fitur “Import/Eksport”, selanjutnya kamu perlu memilih opsi “Import Kontak ke ponselataupun “Import Kontak ke Google”.
  • Tunggu proses hingga selesai dan kontak berhasil kamu pindahkan.

4. Memanfaatkan Bluetooth untuk Mentransfer Data Kontak ke HP Baru

Bluetooth merupakan salah satu cara memindahkan kontak ke HP baru dengan mudah, walaupun cara ini sudah mulai terlupakan. Hal ini sangat mungkin terjadi karena proses pengiriman data melalui bluetooth biasanya memakan waktu lebih lama. Berikut langkah transfer kontak yang bisa kamu lakukan.

  • Aktifkan bluetooth pada kedua HP yang kamu miliki.
  • Lalu buka “Kontak” pada HP lama dan pilih kontak yang ingin kamu kirim. Caranya dengan menekan lama salah satu kontak lalu pilih semua atau hanya beberapa saja.
  • Pilih menu “Kirim” lalu pilih via bluetooth. Kemudian, cari IP bluetooth tujuan lalu klik “Pairing” atau “Kirim”.
  • Masukkan password jika ada, lalu tunggu hingga pengiriman selesai.
  • Langkah selanjutnya hanya tinggal membuka file dan masukkan seluruh kontak ke directory yang kamu mau. Untuk lebih memudahkan kedepannya ada baiknya pilih penyimpanan Google.

Kini kamu Siap Migrasi Data Kontak ke HP Baru dengan Mudah

Nah, itulah beberapa cara memindahkan kontak ke HP baru yang bisa kamu coba salah satunya. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau kamu kira-kira bakalan pilih yang mana?

Related Articles

Cara Menggandakan Aplikasi Android, Terbukti Berhasil!
· 3 menit untuk membaca
Flash HP: Pengertian, Manfaat, Kekurangan, dan Caranya
· 3 menit untuk membaca
Cara Screenshot Panjang di HP Android dengan Mudah
· 3 menit untuk membaca
Cara Membersihkan Memori Internal Hp Oppo Dengan Mudah
· 3 menit untuk membaca
Cara Daftar Paket Gojek Telkomsel, 75 Ribu Dapet 15GB!
· 3 menit untuk membaca