Cara Membersihkan Memori Internal Hp Oppo Dengan Mudah

· 3 menit untuk membaca
Cara Membersihkan Memori Internal Hp Oppo Dengan Mudah

Di dunia teknologi seperti saat ini, hampir semua orang tidak bisa lepas dari HP karena kemudahan yang ditawarkan. Namun terkadang beberapa merek HP seperti OPPO mengalami memori internal penuh. Lalu apa penyebabnya? Bagaimana cara membersihkan memori internal tersebut?

Penyebab Memori Internal Penuh

Ada beberapa faktor yang menyebabkan memori internal cepat habis, antara lain:

1. File Sampah yang Penuh

Faktor penyebab memori penuh pertama yaitu file sampah yang tidak pernah kamu bersihkan. Hal ini tentunya bisa menyebabkan HP kamu terasa lambat. Jadi sebaiknya segera bersihkan file sampah di ponsel kamu, ya.

2. File WhatsApp yang Penuh

Kiriman file media dari WhatsApp teman atau grup sering sekali menjadi salah satu penyebab memori cepat habis. Untuk itulah sebaiknya kamu melakukan pembersihan file yang tidak kamu butuhkan secara rutin untuk menghindari memori HP penuh.

3. Memasang Aplikasi dengan Ukuran Besar

Penyebab memori internal penuh selanjutnya yaitu memasang aplikasi besar di HP sehingga membuatnya tidak mampu menampung aplikasi tersebut. Hal ini tentu menjadi penyebab memori internal penuh, apalagi jika sampai aplikasi tersebut berukuran 4 GB. Kalau memungkinkan, sebaiknya kamu hindari, ya.

4. Tidak Menggunakan Memori Eksternal (SD Card)

Tidak memanfaatkan memori eksternal menjadi salah satu penyebab memori internal kamu penuh. Apalagi HP OPPO sendiri menyediakan slot micro SD dengan kapasitas maksimal hingga 256GB. Jadi, kamu bisa mulai memanfaatkannya, ya.

Namun bagaimana jika memori internal HP sudah terlanjur penuh? Bagaimana cara membersihkan memori internal HP penuh?

Cara Membersihkan Memori Internal HP Penuh

Nah, bagi kamu yang sudah terlanjur memiliki memori internal HP OPPO yang sudah penuh, kamu bisa membersihkan dengan cara-cara berikut.

1. Hapus Cache Aplikasi

Cara membersihkan memori internal HP OPPO pertama yaitu dengan menghapus cache aplikasi. Hal ini karena data cache aplikasi sering sekali menjadi penyebab memori internal penuh. Adapun caranya yaitu pertama buka pengaturan HP OPPO, kemudian pilih manajemen aplikasi.

Pilih daftar aplikasi, selanjutnya klik aplikasi yang kamu ingin hapus cache-nya. Jika sudah, pilih penggunaan penyimpanan dan pilih hapus cache. Nah lakukan pada aplikasi lainnya, ya, terutama aplikasi dengan kapasitas besar dan sering kamu gunakan, sehingga HP kamu jadi semakin ringan.

2. Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Jika kamu memiliki memori internal yang penuh, cara selanjutnya yaitu dengan memindahkan aplikasi ke kartu SD. Adapun caranya yaitu dengan membuka pengaturan, kemudian buka manajemen aplikasi.

Urutkan aplikasi yang kamu punya berdasarkan ukurannya. Selanjutnya pindahkan beberapa aplikasi yang memiliki ukuran cukup besar ke kartu SD. Tertarik mencoba?

3. Uninstall Aplikasi yang Tidak Perlu

Aplikasi yang terlalu banyak di HP bisa menjadi salah satu penyebab memori internal penuh. Jadi sebaiknya kamu uninstall aplikasi yang tidak kamu butuhkan, ya.

Adapun cara membersihkan memori internal HP OPPO yaitu dengan membuka pengaturan. Pilih manajemen aplikasi, kemudian klik daftar aplikasi dan pilih aplikasi yang tidak kamu gunakan.

Klik uninstall aplikasi tersebut dan ikuti langkah selanjutnya. Proses uninstall pun selesai dan penggunaan memori HP kamu sudah mulai berkurang.

4. Pindahkan File ke Laptop

Jika cara sebelumnya belum berhasil, maka kamu bisa mencoba cara ini. Memindahkan file di HP ke laptop bisa mengurangi jumlah file di HP kamu yang membuat memori internal penuh.

Adapun caranya yaitu dengan menyambung HP ke laptop dengan menggunakan bluetooth atau USB. Jika menggunakan bluetooth, kamu bisa pilih notifikasi transfer data.

Pilih file yang akan kamu pindahkan kemudian pindahkan ke folder tujuan laptop. Tertarik mencoba?

5. Menggunakan CCleaner

Cara membersihkan memori internal penuh di HP OPPO berikutnya yaitu menggunakan aplikasi CCleaner. Adapun caranya yaitu, pertama, tentunya kamu harus mengunduh aplikasi CCleaner.

Setelah terinstall, buka aplikasi tersebut kemudian pilih opsi pembersihan. Tunggu beberapa saat hingga proses analisis selesai dan klik opsi selesaikan pembersihan.

Setelah itu, berikan izin akses aksesibilitas pada aplikasi dengan klik setuju. Tunggu lagi beberapa saat hingga proses pembersihan cache selesai dan proses pembersihan memori pun berhasil.

6. Menggunakan All In One Toolbox

Jika semua cara sebelumnya tidak berhasil untuk membersihkan memori internal HP kamu, menggunakan aplikasi All In One Toolbox menjadi salah satu cara yang efektif. Bagaimana caranya?

Caranya yaitu, pertama, download dulu aplikasi All In One Toolbox di Google Play Store dahulu. Kemudian buka aplikasi yang sudah berhasil terinstall tersebut dan pilih bersihkan pada halaman beranda aplikasi.

Tunggu hingga proses pemindaian selesai, kemudian klik bersihkan dan tunggu proses selesai. Mudah, bukan?

7. Menggunakan Layanan Cloud Storage

Untuk membersihkan memori internal HP selanjutnya, kamu bisa menggunakan layanan cloud storage. Cara ini hampir sama dengan cara sebelumnya yang menggunakan kartu SD.

Bedanya kamu akan memindahkan file yang kamu punya ke layanan cloud storage. Jadi jika kamu tidak memiliki kartu SD kamu bisa memanfaatkan layanan ini.

Adapun layanan yang termasuk ke dalam kategori cloud storage adalah Google Drive, Dropbox, OneDrive, Box, dan lainnya. Jadi kamu bisa langsung memindahkan file HP-mu ke dalam beberapa layanan tersebut, ya.

8. Hapus Data WhatsApp

WA terkadang sering menjadi penyebab memori internal HP full. Nah untuk mengosongkan memori internal, kamu bisa mulai menghapus data dari WhatsApp.

Adapun caranya yaitu pertama buka “File Manager” HP, kemudian pilih memori internal dan cari folder “WhatsApp”. Buka folder tersebut dan pilih file yang ingin kamu hapus seperti file-file yang tidak penting, ya.

Sudah Tahu Cara Membersihkan Memori Internal HP?

Nah setelah kamu mengetahui cara tersebut, kamu tinggal menerapkannya sendiri, ya. Sebaiknya kamu bersihkan HP secara teratur agar tidak lemot atau cepat rusak. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Cara Daftar Paket Gojek Telkomsel, 75 Ribu Dapet 15GB!
· 3 menit untuk membaca
5 Aplikasi Gratis Pengganti Microsoft Office
· 3 menit untuk membaca
Cara Upgrade Windows 11 dengan Mudah untuk PC dan Laptop
· 3 menit untuk membaca