5 Aplikasi Gratis Pengganti Microsoft Office

· 3 menit untuk membaca
5 Aplikasi Gratis Pengganti Microsoft Office

Microsoft Office mungkin menjadi salah satu software paling populer. Software ini dikenal karena fungsinya yang memang akan sangat berkaitan langsung dengan pekerjaan banyak orang. Dari mulai membuat tulisan, membuat laporan, membuat presentasi, dan lainnya. Namun, mungkinkah ada aplikasi pengganti Microsoft Office?

Dengan fungsinya yang sangat penting tersebut membuat semua orang hampir membutuhkannya. Bahkan mungkin ini merupakan software yang terinstall di hampir setiap perangkat komputer ataupun laptop.

Namun masalahnya, untuk mendapatkan software ini secara legal diperlukan sedikit biaya. Untuk sebagian orang, hal ini dianggap merepotkan. Itulah mengapa banyak orang yang mulai menggunakan aplikasi pengganti microsoft office.

5 Aplikasi Gratis Pengganti Microsoft Office

Memang ada beberapa aplikasi yang fungsinya sama seperti Microsoft Office. Beberapa aplikasi tersebut antara lain adalah :

1. Free Office

aplikasi gratis pengganti microsoft office

Mungkin ini adalah aplikasi pengganti microsoft office yang paling dikenal. Dilihat dari segi tampilan, aplikasi ini juga lumayan mirip dengan Microsoft Office. Ini akan membuat orang tidak bingung ketika pertama kali menggunakan.

Aplikasi ini bisa digunakan baik pada Windows maupun Linux. Aplikasi ini juga mendukung semua format dari Microsoft Office. Bahkan untuk Anda yang menggunakan perangkat dengan mode touchscreen aplikasi ini juga bisa digunakan pada mode tersebut.

Satu kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak tersedia untuk sistem operasi Mac. Dan untuk Anda yang tertarik untuk menggunakan aplikasi gratis pengganti Microsoft Office ini maka bisa langsung mendownloadnya di web resminya.

Baca juga: 6 Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik

2. Libre Office

Aplikasi lain yang juga bisa coba untuk digunakan adalah Libreoffice. Ini merupakan aplikasi yang gratis dan juga open source. Aplikasi ini juga mendukung untuk melakukan pengolahan kata, data, dan juga presentasi.

Pada dasarnya, aplikasi ini dibuat untuk digunakan pada sistem operasi Linux dan semua distronya. Namun kini, aplikasi ini juga bisa digunakan di semua sistem operasi termasuk pada android. Penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Keunggulan lain yang ditawarkan dari aplikasi ini adalah bisa langsung melakukan export dokumen ke bentuk pdf.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah ukurannya yang dianggap terlalu besar. Selain itu, masalah yang sering muncul adalah dokumen yang dibuat pada aplikasi ini jika dibuka di Microsoft word seringkali mengalami perubahan font dan format.

3. WPS Office

aplikasi pengganti microsoft office

Aplikasi pengganti Microsoft Office lainnya yang bisa digunakan adalah WPS Office. Aplikasi ini bisa digunakan di semua sistem operasi. Aplikasi ini juga tersedia dalam berbagai bahasa.

Ada dua versi yang bisa digunakan dari aplikasi ini. Satu adalah versi gratis. Anda bisa menggunakan pengolah kata, data, dan juga presentasi. Ditambah bisa langsung melakukan konversi dari dokumen ke pdf. Versi lainnya adalah versi premium. Layanan ini memungkinkan Anda melakukan semua hal tadi plus layanan cloud. Besar kapasitas cloud tergantung pada harga.

Kekurangan pada aplikasi ini sering dikeluhkan oleh para pengguna Linux. Mereka menganggap aplikasi ini terlalu lambat. Selain pada versi linux juga tidak semua font sudah tersedia. Seringkali pengguna harus memasukkannya dengan terpisah.

4. iWork

aplikasi gratis pengganti microsoft office

Dilihat dari namanya saja mungkin Anda sudah tahu aplikasi ini dibuat untuk siapa. iWork merupakan aplikasi gratis pengganti Microsoft Office yang disediakan oleh Apple. Dan tentu saja aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat Mac.

Semua fungsi dari Microsoft Office ada di aplikasi ini. Keunggulan lainnya dari aplikasi ini juga adalah ukurannya yang lebih ringan. Tampilannya lebih sederhana, namun fitur yang ditawarkan cukup banyak. Mungkin satu – satunya kelemahan dari aplikasi ini adalah tidak tersedia untuk sistem operasi lain.Top of FormBottom of Form

5. Google Docs

aplikasi pengganti microsoft office Google Dos

Yang terakhir, aplikasi office andalan kami adalah Google Docs yang datang dari kompetitor Microsoft yaitu Google.

Google Docs / Google Workspace menawarkan beberapa aplikasi didalamnya yaitu:

  1. Google Docs (pengganti Microsoft Word)
  2. Google Spreadsheet (pengganti Microsoft Excel)
  3. Google Slide (pengganti Microsoft PowerPoint),
  4. Google Drive
  5. Google Form
  6. Google Calendar
  7. Google Jamboard
  8. Google Classroom, dan lainnya.

Kesimpulan

Itulah beberapa aplikasi pengganti Microsoft Office yang bisa Anda coba gunakan. Semua fungsi dasar dari Microsoft Office bisa digantikan oleh aplikasi – aplikasi tersebut. Terlebih, aplikasi tersebut bisa didapatkan dengan gratis.


Related Articles

Cara Daftar Paket Gojek Telkomsel, 75 Ribu Dapet 15GB!
· 3 menit untuk membaca
3 Cara Ubah File Word Ke PDF Lewat Laptop atau HP
· 2 menit untuk membaca
Cara Upgrade Windows 11 dengan Mudah untuk PC dan Laptop
· 3 menit untuk membaca
6 Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik
· 2 menit untuk membaca