Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD dengan Mudah dan Cepat

· 4 menit untuk membaca
Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD dengan Mudah dan Cepat

Cara memindah aplikasi ke kartu SD mudah, cocok untuk Anda yang suka mengunduh game berat yang memakan banyak ruang penyimpanan. Hal ini menjadi satu-satunya cara untuk membuat kapasitas ruang penyimpanan internal tetap longgar.

Kebanyakan ponsel Android masa kini memang sudah memiliki kapasitas ruang yang besar. Minimal 32 GB untuk memori internal, namun tetap saja kapasitas memori tersebut semakin kesini bisa cepat berkurang. Apalagi jika aplikasi Anda adalah aplikasi dengan grafis tinggi.

Belum lagi aplikasi lainnya yang sudah terpasang pada ponsel secara otomatis. Dampak jika ponsel mengalami penyimpanan ruang penuh adalah kinerjanya jadi lelet. Dan tentunya akan mengganggu aktivitasnya.

Salah satu cara yang bisa membuat memori internal tetap lega adalah dengan memindahkan aplikasi ke kartu SD. Beban ruang dari aplikasi akan dipindahkan ke kartu SD. Jadi, bisa meminimalisir penyimpanan internal pada ponsel.

Bagaimana Cara Memindah Aplikasi ke Kartu SD di Ponsel Android?

Kini aplikasi yang dipindahkan ke kartu SD tidak harus melakukan root pada ponsel terlebih dahulu. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memindahkan aplikasi ke kartu SD ponsel.

Pengguna mesti tahu, terkait beberapa aplikasi Android yang berjalan. Untuk itu tidak semua aplikasi pada Android bisa dipindahkan. Seringkali aplikasi yang terus berjalan adalah aplikasi bawaan smartphone yang mana juga aplikasi Google.

Sebenarnya bisa juga untuk aplikasi berjalan ini, akan tetapi pengguna harus melakukan root dahulu. Dan daripada melakukan root pada ponsel, lebih mudahnya bisa memindahkan saja ke kartu SD.

Baca juga: Mudah! Cara Merekam Layar Laptop atau PC Windows

1. Cara Memindah Aplikasi ke Kartu SD HP Xiaomi

Salah satu ponsel Android yang sedang populer dan memiliki tingkat penjualan tinggi di Indonesia adalah Xiaomi. Proses pemindahan aplikasi ke kartu Sd pada HP Xiaomi tidak bisa dilakukan secara manual. Pasalnya tidak ada fitur dari Xiaomi untuk melakukan hal tersebut.

Sehingga perlu melakukan root pada ponsel supaya bisa memindahkan aplikasi ke kartu SD. Namun usahakan tidak menggunakan root untuk memindahkan aplikasi di HP Xiaomi. Sebab nantinya bisa membuat lemot dan lelet pada kinerjanya.

Nah, karena tidak ada cara untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD pada Xiaomi tanpa root, maka alternatifnya bisa dengan mengoptimalisasi. Lantas, bagaimana caranya? Berikut ulasan terkait cara Xiaomi untuk memindahkan aplikasi ke SD card.

  • Pindahkan data aplikasi ke kartu memori Xiaomi. Caranya dengan melakukan penginstalan aplikasi langsung dari kartu SD. Sehingga data maupun file aplikasinya akan tertinggal di kartu memori.
  • Selanjutnya adalah dengan menggunakan pemindah aplikasi. Jadi, bisa menggunakan aplikasi dari Play Store untuk memindahkan aplikasi. Meski demikian tetap pilih aplikasi aman yang tidak memerlukan root saat melakukan pemindahan.
  • Pasalnya tidak ada cara memindahkan aplikasi ke SD card di ponsel Xiaomi, jadi bisa pakai tips optimalisasi saja. Yakni dengan membersihkan data berupa video, file, foto, dan apapun itu dari memori internal ponsel.
  • Pakai aplikasi penyimpanan data online. Jadi ada aplikasi backup data Android yang bisa Anda manfaatkan. Namun mungkin aplikasi tidak masuk ke kartu memori. Melainkan ke penyimpanan data online.

Itulah beberapa cara untuk memindahkan aplikasi ke kartu memori ponsel Xiaomi. Namun apabila tidak berhasil, bisa dengan cara melakukan root pada ponsel sebagai jalan terakhirnya. Namun tetap harus pengguna pertimbangkan risikonya.

2. Cara Memindah Aplikasi ke Kartu SD HP Oppo

Memori internal yang penuh pada HP Oppo bisa membuat kinerja jadi lemot saat mengoperasikannya. Bahkan bisa menghambat proses penginstalan aplikasi. Oleh sebab itu, salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan memindahkan aplikasi ke kartu SD.

Sampai kini, tipe ponsel Oppo ada beragam dan tentunya fiturnya juga bermacam-macam. Meskipun Ram, kapasitas penyimpanan pada ponsel Oppo mendukung dan berkualitas bagus, tetap saja cara ini perlu Anda ketahui untuk menghemat ruang pada ponsel Oppo.

  • Buka menu setelan atau setting atau pengaturan pada ponsel Oppo.
  • Pilih menu untuk kelola aplikasi, dan selanjutnya masuk ke bagian aplikasi terunduh. Pengguna akan melihat daftar aplikasi yang telah terinstal pada ponsel.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke kartu memori.
  • Pilih bagian info aplikasi dan pilih ikon pindah ke SD card. Perlu Anda ketahui tidak semua aplikasi bisa dipindah ke kartu memori. Beberapa diantaranya yang merupakan aplikasi berjalan/bawaan ponsel tidak bisa dipindahkan.
  • Jika sudah menekan tombolnya tunggu sampai proses selesai dan jangan pindah tab saat proses berlangsung. Lama atau tidaknya tergantung ukuran file maupun data di dalamnya.

Hal penting yang perlu Anda pastikan adalah pada memori kartu SD Anda, apakah masih tersisa ruang yang cukup atau malah sudah full. Pasalnya prosesnya cukup lama, dan jika harus berhenti karena memori penuh akan membuang-buang waktu.

3. Cara Memindah Aplikasi ke Kartu SD HP Vivo

Salah satu produk asal Tiongkok ini berhasil menjadi smartphone yang memiliki resolusi besar untuk kamera selfie. Itulah kenapa kamera dari ponsel Vivo banyak masyarakat buru, terutama bagi mereka yang suka selfie.

Bahkan gebrakannya lagi adalah pada fitur fingerprint yang ada pada layarnya. Nah, lantas bagaimana cara untuk memindahkan data serta aplikasi pada ponsel Vivo ke kartu memori? Simak ulasan berikut ini.

  • Masuk pada menu pengaturan atau setelan atau setting pada ponsel.
  • Pilih menu penyimpanan dan pada halaman penyimpanan pilih menu kartu SD.
  • Selanjutnya pilih menu titik 3 pada pojok kanan atas di bagian layar ponsel.
  • Pilih pengaturan untuk bisa memilih tombol format sebagai internal. Dan nantinya akan muncul menu pilihan. Pengguna bisa pilih bagian hapus dan format.
  • Selanjutnya tunggu sampai proses selesai dan kartu SD akan menjadi penyimpanan default.
  • Terakhir lakukan restart pada ponsel.

Selanjutnya kartu SD akan menjadi lokasi penyimpanan ke depannya. Artinya aplikasi dari HP Vivo akan tersimpan pada kartu SD. Cara tersebut lebih baik ketimbang menggunakan cara root pada ponsel Vivo, pasalnya bisa menimbulkan kerusakan.

4. Cara Memindah Aplikasi ke Kartu SD HP Samsung

Merek ponsel Samsung dikenal memiliki kapasitas kecil untuk harga standar. Dan jika menginginkan kapasitas penyimpanan besar, maka harga ponsel juga berbeda. Sehingga memori internal Samsung cepat sekali penuh dibanding ponsel lainnya yang harganya sama.

Itulah kenapa penting untuk menjaga memori internal Samsung agar tetap longgar meskipun terdapat aplikasi yang berat. Berikut cara memindahkan aplikasi pada memori internal ponsel Samsung ke kartu SD.

  • Masuk ke menu setting/pengaturan dan pilih menu Apps
  • Pilih aplikasi yang hendak Anda pindah dan pilih menu storage. Jika sudah kemudian bisa pilih change.
  • Tunggu beberapa waktu untuk memproses, dan selesai.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa informasi terkait cara memindah aplikasi ke kartu SD dengan mudah dari berbagai jenis ponsel Android. Usahakan untuk menghindari melakukan root dalam pemindahan aplikasi ke kartu SD. Pasalnya resiko me-root ponsel adalah kinerja jadi lemot.

Related Articles

Cara Daftar Paket Gojek Telkomsel, 75 Ribu Dapet 15GB!
· 3 menit untuk membaca
5 Aplikasi Gratis Pengganti Microsoft Office
· 3 menit untuk membaca
Cara Upgrade Windows 11 dengan Mudah untuk PC dan Laptop
· 3 menit untuk membaca
Mudah! Cara Merekam Layar Laptop atau PC Windows
· 3 menit untuk membaca