Apa itu API? Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya

· 2 menit untuk membaca
Apa itu API? Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apakah kamu seorang programmer yang sedang berandai-andai ada sebuah program yang dapat membantu kamu dalam membangun sebuah aplikasi tanpa perlu membuat komponen dari awal? API adalah jawaban dari pertanyaanmu.

Apa Itu API?

Application Programming Interface atau kamu sering mendengarkan dengan istilah API adalah sebuah programming interface yang berfungsi untuk menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Bisa dibilang peran program ini adalah sebagai perantara berbagai macam aplikasi baik dalam satu platform ataupun berbeda  platform.

Keunggulan dari program ini adalah dapat menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda. Selain itu, apabila kamu ingin melakukan suatu pemrograman, kamu tidak perlu menyediakan semua data yang kamu butuhkan. Hal tersebut lantaran kamu bisa mengambil data yang kamu butuhkan dari platform lain melalui program ini.

Selain sebagai perantara berbagai macam aplikasi, kamu juga bisa menggunakan program ini untuk mengembangkan website kamu menjadi sebuah website dengan fitur yang lengkap. Menarik bukan?

Baca juga: Apa itu CMS? Pahami Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Jenis API

Application Programming interface dibagi menjadi empat berdasarkan hak aksesnya. Berikut merupakan jenis API yang bisa kamu temukan, yaitu:

1. Public

Application Programming Interface jenis ini dapat digunakan oleh semua orang dalam lintas platform. Selain dapat digunakan semua orang, jenis programming interface ini paling mudah untuk digunakan. Hal tersebut lantaran kamu hanya cukup mendaftar atau langsung menggunakannya di aplikasi kamu.

2. Private

Berbeda dengan jenis sebelumnya yang bisa digunakan untuk umum, Application Programming Interface jenis ini tidak terbuka untuk penggunaan umum. Biasanya, jenis ini dibuat untuk keperluan internal dalam mengembangkan suatu aplikasi.

3. Partner

Kamu hanya bisa menggunakan programming interface jenis ini kalau kamu adalah pihak yang memiliki izin penggunaanya. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mendaftar ke bagian tersebut. Namun, kamu hanya bisa menggunakannya pada aplikasi tertentu yang tercantum dalam perjanjian.

4. Composite

Jenis ini berfungsi untuk menyimpan data dari berbagai hosting dalam satu tempat. Jadi, kamu bisa mendapatkan berbagai jenis data hanya dengan sekali akses. Mudah bukan? Selain mudah hal tersebut tentu akan menghemat waktu kamu dalam mengakses suatu data.

Fungsi API

Berikut merupakan fungsi API yang bisa kamu rasakan apabila kamu menggunakan program ini:

1. Untuk Mengembangkan Aplikasi Lebih Cepat dan Efisien

Bagi kamu yang ingin mengembangkan aplikasi namun butuh waktu cepat, kamu bisa menggunakan Application programming interface ini untuk mengambil data yang kamu butuhkan. Kamu juga bisa menambahkan berbagai macam fitur yang kamu inginkan dengan cepat. Hal tersebut lantaran kamu tidak perlu melakukannya secara manual.

2. Mengurangi Beban Kerja Server

Program ini merupakan perantara dari berbagai macam aplikasi. Jadi, server tidak perlu mencari atau menyimpan data yang dibutuhkan. Kamu hanya cukup memanggil program tersebut untuk mengambil data yang kamu butuhkan.

Cara Kerja API

Setelah kamu memahami pengertian, jenis, serta fungsi dari programming interface ini, ada baiknya kamu memahami bagaimana cara kerja aplikasi pemrograman tersebut. Cara Kerja API adalah sebagai berikut:

1. Aplikasi Mengakses API

Pertama, program ini akan mulai bekerja apabila kamu sudah membuka aplikasi yang kamu butuhkan. Contohnya kamu ingin melakukan pemesanan hotel secara online dan ingin memilih hotel tertentu. Maka, aplikasi akan mengakses API jenis-jenis hotel yang sudah terhubung dengan aplikasi ini.

2. API Mengirimkan Permintaan Kepada Server

Selanjutnya, permintaan akan diteruskan ke server hotel. program ini akan menyampaikan kepada server hotel bahwa aplikasi membutuhkan data nama hotel dan harga hotel yang tersedia.

3. Server Memberi Tanggapan Kepada API

Setelah itu, server akan memberi data yang dibutuhkan, yaitu nama hotel dan harga hotel yang tersedia.

4. API Memberikan Data ke Aplikasi

Setelah itu, aplikasi akan memunculkan data kepada pengguna yang sudah didapat.

Sudah Paham Mengenai API?

Jadi, itu tadi merupakan penjelasan mengenai pengertian, jenis, fungsi, serta cara kerja dari Application Programming Interface ini. Bagi kamu yang ingin menjadi programmer, setidaknya kalian harus menggunakan interface ini. Selain memudahkan kamu untuk mengembangkan sebuah aplikasi, interface ini juga membuat kerjamu lebih efisien. Selamat mencoba!

Related Articles

Cara Mengamankan Login WordPress Dengan 2FA
· 2 menit untuk membaca
Framework: Pengertian, Contoh, dan Fungsinya
· 2 menit untuk membaca
Ini 6 Perusahaan Terkenal yang Menggunakan Python
· 3 menit untuk membaca
Apa itu CMS? Pahami Pengertian, Fungsi, dan Contohnya
· 3 menit untuk membaca
Database Adalah: Pengertian, Contoh, dan Jenis-Jenisnya
· 2 menit untuk membaca